Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 2.990 dari 22.492 total peserta Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi (SNBP) dinyatakan lulus di Universitas Syiah Kuala sesuai hasil seleksi SNBP tahun 2024 yang dilaksanakan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek.

“Kami menyampaikan selamat kepada yang lulus dan keberhasilan tersebut haruslah dimanfaatkan sebaik mungkin dengan belajar sungguh-sungguh di USK,” kata Rektor USK Prof Marwan di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan siswa SMA/sederajat yang dinyatakan lulus melalui jalur Seleksi Nasional berdasarkan prestasi harus memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik karena banyak orang tidak mendapat kesempatan tersebut.

“Gunakanlah kesempatan ini sebaik mungkin dan para calon mahasiswa yang dinyatakan lulus ini patut bersyukur atas prestasi yang diraih ini,” katanya.

Baca juga: Masjid USK siapkan 1.300 porsi takjil gratis bantuan UEA

Baca juga: UNRI belajar aplikasi dan sistem penerimaan mahasiswa di USK


Rektor juga mengingatkan peserta yang lulus SNBP untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Di mana informasi lengkap terkait tahapan seleksi ini dapat dilihat pada laman resmi USK. Atau menghubungi call center Humas USK pada nomor 0811-6752-000

Rektor juga berpesan untuk yang belum lulus untuk tidak patah semangat sebab masih ada dua jalur seleksi lain untuk menempuh studi di PTN yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur Mandiri.

Rektor juga mengingatkan para calon mahasiswa baru untuk memberikan perhatian serius terhadap dua jalur seleksi tersebut. Mengingat dua jalur tersebut adalah kesempatan bagi mereka untuk kuliah pada program studi di PTN pilihannya.

“Jangan patah semangat, masa depan kalian masih panjang. Masih ada dua jalur seleksi PTN lainnya yang bisa kalian ikuti yaitu SNBT dan Mandiri,” kata Rektor.

Pada tahun ini USK menyediakan kuota 30 persen untuk jalur SNBP, 35 persen jalur SNBT dan 35 persen jalur seleksi Mandiri.*

Baca juga: Kemenkominfo sasar mahasiswa Aceh untuk talenta digital

Baca juga: ARC USK Banda Aceh targetkan 20 ton minyak nilam untuk ekspor 2024


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024