tarif seluruh angkutan resmi di Bengkulu mulai dari bus hingga travel mengalami kenaikan 20 hingga 25 persen dari harga normal
Kota Bengkulu (ANTARA) - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Organisasi Angkutan Darat (Organda) Provinsi Bengkulu menyebutkan tarif angkutan darat selama masa arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah mengalami kenaikan hingga 25 persen dari tarif normal.

Ketua DPD Organda Provinsi Bengkulu Tharmizi di Kota Bengkulu, Senin, menerangkan kenaikan harga tersebut setelah Organda di Bengkulu bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan perwakilan para pengusaha angkutan darat yang ada di Bengkulu menggelar rapat untuk menetapkan tarif angkutan dalam masa libur Lebaran 2024.
 
"Dari ketetapan tersebut, tarif seluruh angkutan resmi di Bengkulu mulai dari bus hingga travel mengalami kenaikan 20 hingga 25 persen dari harga normal," kata dia.
 
Penerapan harga baru tersebut akan diberlakukan pada H-7 atau 3 April hingga H+7 hari raya Idul Fitri atau 18 April 2024.
 
Menurut Tharmizi, penerapan kenaikan harga tersebut berlaku untuk seluruh angkutan resmi di Bengkulu seperti angkutan kota antar provinsi (AKAP), angkutan kota dalam provinsi (AKDP).

Baca juga: Pemprov antisipasi lonjakan kendaraan pribadi ke Bengkulu saat mudik
 
Dengan ketentuan mengikuti batas bawah dan batas atas harga yang telah ditetapkan dan jika ada jasa angkutan resmi yang ada di Bengkulu tidak mematuhi harga yang telah ditentukan maka masyarakat diimbau untuk melapor ke pihak berwajib karena melanggar aturan.
 
Berikut tarif angkutan darat selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah di Bengkulu yaitu jurusan Bengkulu - Palembang (bus) Rp150 ribu hingga Rp180 ribu dan untuk travel Rp250 ribu hingga Rp300 ribu, Bengkulu - Lampung (bus dan travel) Rp300 ribu hingga Rp350 ribu.
 
Jurusan Bengkulu – Jakarta (bus) yaitu Rp600 ribu hingga Rp 680 ribu, Bengkulu - Bandung (bus) Rp650 ribu hingga Rp750 ribu, Bengkulu - Yogyakarta (bus) yaitu Rp670 ribu hingga Rp300 ribu.
 
Kemudian, jurusan Bengkulu - Solo (bus) Rp670 ribu hingga Rp800 ribu, Bengkulu - Padang (bus) yaitu Rp300 ribu sampai Rp350 ribu, Bengkulu menuju Bukit Tinggi (bus) Rp300 ribu sampai Rp350 ribu dan lainnya.

Baca juga: Pertamina Sumbagsel memastikan kecukupan stok BBM selama Idul Fitri

Baca juga: BI: Inflasi Bengkulu pada lebaran terkendali sesuai target nasional

 

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024