Safari Ramadan Pupuk Indonesia Group ini menjadi bentuk terima kasih Pupuk Indonesia atas dukungan yang diberikan kepada masyarakat sekitar perusahaan
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) menggelar Safari Ramadan 1445 H ke lokasi anak usahanya di lima titik wilayah di Indonesia untuk berbagi bantuan terhadap masyarakat di sekitar perusahaan.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi dalam keterangan diterima di Jakarta, Senin, mengatakan Safari Ramadan keliling ini menjadi momen bagi perusahaan untuk berkontribusi kepada masyarakat sekitar perusahaan melalui penyerahan berbagai macam bantuan, sekaligus membangun kekompakan sesama insan Pupuk Indonesia Group.

Selain digelar di Pupuk Indonesia sendiri, Safari Ramadan tahun ini juga mengunjungi lima anak usaha, yaitu PT Pupuk Kujang Cikampek, PT Petrokimia Gresik, PT Pusri Palembang, PT Pupuk Kalimantan Timur, dan PT Pupuk Iskandar Muda yang digelar selama sepuluh hari pertama dan kedua Ramadan.

"Pupuk Indonesia menegaskan komitmennya untuk terus berkontribusi pada kemandirian pertanian berkelanjutan. Tentunya komitmen tersebut tidak lepas dari dukungan masyarakat sekitar perusahaan. Safari Ramadan Pupuk Indonesia Group ini menjadi bentuk terima kasih Pupuk Indonesia atas dukungan yang diberikan kepada masyarakat sekitar perusahaan," ujar Rahmad.

Lebih lanjut, Rahmad menyatakan bahwa momen ini sekaligus menjadi sarana untuk membangun kekompakan bersama karyawan di seluruh anak perusahaan. Hal itu karena visi Pupuk Indonesia adalah menjadi industri pupuk dan petrokimia terintegrasi berskala global.

Program Safari Ramadan diisi dengan berbagai macam kegiatan sosial. Di Pupuk Kujang, Safari Ramadan diramaikan dengan kegiatan pasar murah dan pemberian bantuan untuk panti jompo, santunan kaum duafa dan anak yatim piatu.

Selain itu, bantuan juga diberikan kepada Pondok Tahfiz Nahrul Hayat, di mana bantuan untuk pondok ini merupakan kumpulan donasi dari seluruh karyawan Pupuk Kujang yang dikoordinasikan oleh Serikat Pekerja Pupuk Kujang.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Petrokimia Gresik yaitu berbagi berkah Ramadhan dengan menyerahkan bantuan untuk 1.000 guru TPQ, imam rawatib, anak yatim piatu, pelaku UMKM sekitar perusahaan, dan berbagai bantuan lainnya. Selain itu juga digelar pasar sembako murah dengan total 12.600 voucher yang dibagikan untuk masyarakat sekitar perusahaan.

Di Pusri Palembang, Safari Ramadan juga diisi dengan pemberian bantuan pembinaan untuk 54 masjid dan 27 musala. Selain itu, Pusri juga menyerahkan paket sembako untuk 65 panti asuhan dan 460 anak yatim duafa, serta menyerahkan 27.000 paket sembako berupa beras premium, gula pasir dan minyak sayur, dan beberapa bantuan lainnya.

Sementara itu, Safari Ramadan di Pupuk Kalimantan Timur di Bontang diramaikan dengan penyerahan bantuan relokasi empat rumah warga terdampak banjir, sekaligus bedah dua rumah warga di Kelurahan Guntung dan Loktuan Bontang Utara.

Untuk Safari Ramadan di Pupuk Iskandar Muda di Aceh pelaksanaannya hampir sama dengan pelaksanaan sebelumnya, yaitu membagikan santunan untuk anak yatim piatu, bantuan beras untuk kaum duafa, bantuan masjid, serta pasar murah. Selain itu, Rahmad mengatakan turut dilakukan juga penyerahan bantuan Rumah Sehat Sederhana (RSS) sebanyak 289 unit untuk kaum duafa.

Selain Safari Ramadan keliling, kata Rahmad, juga digelar Safari Ramadan di Pupuk Indonesia dengan tajuk Semarak Ramadan untuk Berbagi Pupuk Indonesia (Serambi). Safari Ramadan ini sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-12 Pupuk Indonesia.

Dalam Safari Ramadan ini, Rahmad membagikan 1.000 paket sembako untuk masyarakat sekitar perusahaan, serta pegawai yang membutuhkan seperti cleaning service, security, dan tenaga kerja nonorganik lainnya.

Kegiatan di Pupuk Indonesia juga diisi oleh Perkumpulan Istri Karyawan- Pupuk Indonesia (PIKA-PI) Group dengan memberikan santunan kepada panti sosial, menggelar Bazar Ramadan yang diisi produk-produk wastra atau kain tradisional hingga produk makanan UMKM binaan Pupuk Indonesia Group, dan Fashion Show Baju Lebaran hingga lokakarya Kreasi Pashmina dan Hijab yang melibatkan PIKA anak perusahaan.

"Kinerja Pupuk Indonesia Group semakin baik. Menjadi penopang utama ketahanan pangan melalui penyediaan pupuk bersubsidi yang tahun ini alokasinya ditingkatkan. Melalui kinerja anak perusahaan yang baik, maka kinerja Pupuk Indonesia juga semakin baik. Mudah-mudahan melalui silaturahmi ini hubungan antara perusahaan dengan masyarakat semakin berkah membawa kemajuan bagi perusahaan," kata Rahmad.


Baca juga: Pupuk Indonesia beri diskon pupuk nonsubsidi di 43 titik sentra pangan
Baca juga: Pupuk Indonesia: Program Makmur bantu 107.642 petani sepanjang 2023
Baca juga: Pupuk Indonesia: Pembangun pabrik di Papua demi ketahanan nasional


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024