Danau Sentani dicanangkan menjadi objek wisata

Danau Sentani dicanangkan menjadi objek wisata

Suasana Festival Danau Sentani (FOTO ANTARA/Hermanus Prihatna)

Sentani (ANTARA News) - Danau Sentani yang berada di Kabupaten Jayapura, Papua, akan dijadikan salah satu tempat wisata atau lokasi kunjungan akhir setelah melakukan tur wisata.

Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw, Kamis, mengatakan setelah menjadikan Cycloop sebagai paru-paru Jayapura, maka Danau Sentani juga  akan dijadikan salah satu tujuan wisata di Indonesia.

"Salah satu program wisata andalan kami adalah Festival Danau Sentani yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing dan domestik," ujarnya kepada Antara di Sentani, Kamis.

Mathius menambahkan Danau Sentani memiliki banyak potensi alam seperti air, sagu, keindahan alamnya serta ikan. Sehingga hal ini harus diolah semaksimal mungkin untuk memperoleh manfaat bagi semua pihak.

Danau Sentani terletak di antara pegunungan Cycloop.  Danau tersebut merupakan  danau vulkanik yang sumber airnya berasal dari 14 sungai besar dan kecil dengan satu muara sungai, Jaifuri Puay.

Di wilayah barat, Doyo lama dan Boroway, kedalaman danau sangat curam sedangkan sebelah timur dan tengah, landai dan dangkal, Puay dan Simporo. Disini juga terdapat hutan rawa di daerah Simporo dan Yoka.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar