Udah sering macet gini terus, kalau kitakan bisa apa ya hanya bisa pasrah aja nunggu di sini. Makanya kita berharaplah ini ada solusinya biar kita juga bisa tepat waktu
Serang (ANTARA) - Kemacetan di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon terjadi sejak Selasa sore hingga Rabu pagi di jalur menuju Pelabuhan Ciwandan yang tampak dipenuhi truk yang hendak menyeberang ke Sumatera.
 
 
Salah seorang sopir truk Hendro, di Cilegon, Banten, Rabu, mengatakan telah terjadi kemacetan sejak Selasa pukul 18.00 WIB hingga Rabu pukul 06.00 WIB. Ia belum dapat naik ke kapal.
 
 
"Udah dari sore saya disini sekitar jam 6 sampe jam 6 pagi belum naik kapal juga," katanya.
 
 
Untuk tahun-tahun sebelumnya Hendro mengatakan masih menggunakan kapal dari Pelabuhan Merak untuk ke Sumatera.
 
 
Dengan dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan, menurut dia, lebih merepotkan pengemudi, karena akses menuju Ciwandan dinilai lebih jauh daripada ke Pelabuhan Merak.
 
 
Terkait kemacetan panjang tersebut, hal ini dinilai merugikan bagi pengemudi baik dari segi waktu maupun biaya.
 
 
"Pasti ada kerugian, kerugiannya pasti nambah lagi uang makan kita kan, belum waktu kita juga karena kita dikejar-kejar target ini mau nganterin besi harus cepet dikirim," katanya.
 
 
Menurut dia, kemacetan ini sering kali terjadi pada saat mudik Lebaran, sehingga ia berharap kepada pemangku kebijakan agar dapat mencari solusi dan dilakukan penguraian kemacetan menuju Pelabuhan Ciwandan.
 
 
"Udah sering macet gini terus, kalau kitakan bisa apa ya hanya bisa pasrah aja nunggu di sini. Makanya kita berharaplah ini ada solusinya biar kita juga bisa tepat waktu," katanya
 
Selain untuk truk, pada arus mudik tahun ini, Pelabuhan Ciwandan kembali difungsikan untuk mengangkut pemudik menggunakan sepeda motor.
 
 
Namun kepadatan pemudik menggunakan sepeda motor hingga saat ini masih belum terpantau ramai di Pelabuhan Ciwandan.

Baca juga: Pelindo: 10 kapal penumpang disiapkan di Pelabuhan Ciwandan Banten
Baca juga: Pelindo siapkan 4 kapal tunda bagi mudik Lebaran di Pelabuhan Ciwandan
Baca juga: Menko PMK: Pelabuhan Ciwandan akan difungsikan untuk pemudik motor
Baca juga: PT ASDP mengalihkan kendaraan ke Pelabuhan Ciwandan

 

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024