Pelabuhan Ciwandan hanya diperuntukkan bagi penumpang dengan kendaraan roda dua dan kendaraan truk golongan enam dan tujuh
Serang, Banten (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menyebutkan sebanyak 10 kapal penumpang telah disiapkan di Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, untuk angkutan mudik Lebaran 2024.

General Manager Pelindo Banten Yohanes Wibowo Situmeang di Serang, Banten, Senin, menyampaikan ke-10 kapal, yang disiapkan di pelabuhan Pelindo tersebut telah disesuaikan dengan kondisi dermaga yang tersedia.

"Memang tidak bisa sembarang kapal, karena ketinggian dermaga dan ramp door samping dermaga agak keterbatasan gate dan tinggi ramp door kapal," katanya.

Selain itu, di Pelabuhan Ciwandan juga telah tersedia tiga dermaga untuk mengangkut para pemudik.

Pada tahun ini, Pelabuhan Ciwandan hanya diperuntukkan bagi penumpang dengan kendaraan roda dua dan kendaraan truk golongan enam dan tujuh.

"Dermaganyakan itu panjang, jadi bisa buat tiga kapal maksimal, kalau panjang kapal di bawah 200 meter," ujarnya.

Pelabuhan Pelindo juga menyiapkan lahan parkir dengan kapasitas 2.000 untuk motor dan 200 untuk truk golongan enam dan tujuh, sedangkan untuk golongan delapan dan sembilan sesuai arahan sudah dialihkan ke Pelabuhan BBJB.

Selain itu, Pelindo juga menyiapkan petugas pandu dua orang yang bertugas secara bergantian dan dua unit kapal tunda serta didukung juga kapal tunda dari PT Krakatau Bandar Samudera satu unit dan PT Pelabuhan Cilegon Mandiri satu unit, serta fasilitas pendukung yang disiapkan PT ASDP seperti posko tenda bersama untuk aparat keamanan, toilet umum, ruang P3K, dan tenda UMKM.

Baca juga: Pelindo siapkan 4 kapal tunda bagi mudik Lebaran di Pelabuhan Ciwandan
Baca juga: Menko PMK: Pelabuhan Ciwandan akan difungsikan untuk pemudik motor
Baca juga: PT ASDP mengalihkan kendaraan ke Pelabuhan Ciwandan

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024