Ini acara silaturahmi biasa saja. Acara ini diadakan untuk lebih mengakrabkan hubungan antara eksekutif dan legislatif di DKI,"
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), Jumat, menggelar acara silaturahmi atau ramah tamah dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI.

Acara berupa jamuan makan siang bersama itu diadakan di rumah dinas Jokowi yang berlokasi di Jalan Taman Surapati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat mulai pukul 13.00 hingga 14.30 WIB.

"Ini acara silaturahmi biasa saja. Acara ini diadakan untuk lebih mengakrabkan hubungan antara eksekutif dan legislatif di DKI," kata Jokowi disela-sela jamuan makan siang di rumah dinasnya, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat.

Menurut Jokowi, selama ini banyak yang menilai bahwa hubungan antara eksekutif dan legislatif di DKI tidak berjalan secara harmonis. Sehingga, lanjut dia, muncul ide untuk mengadakan acara tersebut.

"Kan selama ini banyak yang bilang kalau hubungan kami (eksekutif-legislatif) masih kurang harmonis. Makanya, kita adakan acara ini untuk mencairkan suasana," ujar Jokowi.

Dia menuturkan acara makan siang bersama itu juga digelar untuk melunturkan pandangan masyarakat yang selama ini menganggap telah terjadi suatu gesekan antara eksekutif dan legislatif.

"Pokoknya, jangan sampai masyarakat tuh mengira kalau telah terjadi sesuatu atau gesekan antara kami. Rutin atau tidaknya acara ini, kami belum tahu. Lihat nanti saja lah," tutur Jokowi.

Jokowi mengaku dirinya sendiri yang telah menentukan menu dalam acara jamuan makan siang itu. Jika acara serupa diadakan lagi, dia berencana untuk mengganti menunya.

"Hari ini saya sudah pilihkan menu, seperti sate kambing, gulai kambing dan tengkleng. Nanti, kalau diadakan lagi, menunya kita ganti lagi dan mungkin diadakan di tempat lain juga," ungkap Jokowi.

Mantan wali kota Surakarta itu mengaku tidak was-was mengkonsumsi makanan yang telah dipilihnya untuk acara itu karena tidak ada penyakit darah tinggi yang dideritanya.

"Saya daren (darah rendah) kok, gak takut lah makan daging. Kalau yang punya darah tinggi, nanti selanjutnya menunya kita ganti lah dengan seafood (makanan laut)," tambah Jokowi.

Selain dihadiri oleh anggota dan perwakilan komisi DPRD DKI, turut hadir pula Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta. (R027/R021)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013