Tangerang (ANTARA) - Sebanyak 1.416 petugas gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, BPBD, Dinas Kesehatan, PMI, Pramuka serta jajaran samping pokdarkamtimnas dan senkom disiagakan terkait pengamanan Idul Fitri 2024.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho di Tangerang Rabu mengatakan selama musim Idul Fitri 2024, petugas gabungan akan lebih berkonsentrasi pada jalur arus mudik maupun arus balik lebaran.

"Konsentrasi akan difokuskan pada beberapa titik. Yakni, jalan tol di rest area KM 13, 5 Pinang dan KM 14 Kunciran arah Banten dan Jakarta. Selain itu jalur arteri dan titik keberangkatan seperti Terminal Poris Plawad," kata Kombespol Zain usai apel pasukan operasi kepolisian terpusat "Ketupat 2024" di Mako Polres Metro Tangerang Kota, Rabu.

Ia menambahkan disiagakan juga empat pos pengamanan, empat pos pelayanan serta dua pos pantau. Diharapkan, dengan gelaran pos dan petugas gabungan dapat mengantisipasi kemungkinan kerawanan yang dimungkinkan terjadi.

"Baik itu, kriminalitas, arus lalu lintas maupun gangguan kamtibmas lainnya," kata dia.

Kemudian dalam kegiatan apel gelar pasukan, seluruh pihak saling menetapkan koordinasi antar petugas, instansi terkait dan stakeholder terlibat. "Mengecek kesiapan seluruh pasukan pengamanan," katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk berhati-hati dan selalu waspada dalam aktivitas mudik Lebaran seperti menjaga kesehatan fisik, dan jika lelah utamakan istirahat di seluruh fasilitas pos-pos mudik yang disediakan.

"Bagi yang meninggalkan rumah, bisa menitipkan ke warga sekitar dan menitipkan motor dan mobilnya ke Polres Metro Tangerang Kota secara gratis," katanya.

Kepala Dishub Kota Tangerang Achmad Suhaely mengatakan titik lokasi posko mudik antara lain di Terminal Poris Plawad, CBD Ciledug, Kebon Besar, Robinson, Kebon Nanas, Tang City Mall, Alam Sutera Mall, dan Pertigaan Gajah Tunggal.

“Berdasarkan hasil koordinasi terakhir, kami akan menyediakan delapan posko mudik di beberapa lokasi strategis di Kota Tangerang. Rencananya, posko mudik akan mulai disiapkan besok dan dapat dimanfaatkan selama arus mudik dan balik berlangsung,” katanya.

Posko mudik tersebut sebagai titik koordinasi petugas gabungan dari Polri, TNI, Dishub, sampai Dinkes Kota Tangerang, yang akan bertugas selama musim arus mudik dan arus balik Lebaran berlangsung.

“Seperti biasanya, posko mudik dapat dimanfaatkan oleh semua pemudik untuk beristirahat, memeriksa kesehatan, serta pusat informasi mengenai arus lalu lintas selama musim arus mudik dan balik di Kota Tangerang,” katanya.

Baca juga: KLHK minta pemda antisipasi timbulan sampah selama mudik Lebaran
Baca juga: Kodam I/BB siapkan 13.000 prajurit amankan Lebaran 2024

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024