Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) optimis jumlah pengunjung pusat perbelanjaan meningkat pada saat Ramadhan dan Idul Fitri 2024 dibandingkan tahun sebelumnya.

"Diperkirakan akan terjadi peningkatan sekitar 15-20 persen dibandingkan dengan tahun lalu," kata Ketua Umum APPBI Alphonzuz Widjaja saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Alphonzuz menuturkan sebagaimana biasanya yang selalu dilakukan pusat perbelanjaan menjelang Ramadhan serta Idul Fitri, yakni menyelenggarakan aktivitas seperti hiburan, keagamaan dan kebudayaan.

Selain itu, pusat perbelanjaan juga menyediakan berbagai program potongan harga (diskon) belanja untuk menarik perhatian pengunjung.

Baca juga: 54 ribu orang kunjungi Pasar Tanah Abang Blok B jelang Lebaran
Baca juga: Legislator minta Satpol PP buat skala prioritas pengamanan Ramadhan


Dia juga menyebutkan salah satu kategori yang paling laris di pusat perbelanjaan selama liburan Idul Fitri, yakni makanan serta minuman.

"Saat liburan Idul Fitri maka kategori makanan dan minuman serta hiburan yang akan mengalami peningkatan lebih tinggi dibandingkan lainnya," ujarnya.

Dia berharap kegiatan selama Ramadhan hingga Idul Fitri terus berjalan lancar dan kondusif usai penyelenggaraan pemilu yang digelar beberapa waktu lalu.

"Salah satu faktor utama adalah kondisi hasil Pemilu 2024 yang relatif kondusif dan dapat dipertahankan terus sampai dengan bulan Ramadhan dan Idul Fitri," ujarnya.

Dengan demikian, kenaikan jumlah pengunjung di pusat perbelanjaan khususnya di Jakarta diharapkan mampu didukung dengan adanya pelayanan maksimal serta keamanan dari pihak terkait.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024