Medan (ANTARA) - Kantor Basarnas Kota Medan, Sumatera Utara, menyiagakan personel dan alat utama guna memberikan rasa nyaman bagi masyarakat khususnya selama libur dan cuti bersama Lebaran 2024.

Kepala Basarnas Medan Mustari mengatakan pihaknya bersama Pos SAR di bawah komandonya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Siaga SAR dalam pengamanan Lebaran 2024.

"Pelaksanaan Siaga SAR khususnya khusus Lebaran 2024, Basarnas Medan mengerahkan sebanyak 97 personel baik yang siaga di kantor maupun di lapangan," ujar Mustari usai Apel Gelar Pasukan Siaga SAR menjelang Lebaran 2024, di Medan, Rabu.

Baca juga: Basarnas operasikan 120 drone thermal amankan perjalanan libur Lebaran

Ia menjelaskan para personel tersebut akan disiagakan di pelabuhan, bandara, tempat wisata, dan kapal yang dilengkapi sejumlah peralatan pendukung.

Adapun peralatan yang disiagakan antara lain empat unit kapal di sejumlah unit Pos SAR di Sumatera Utara.

Basarnas Medan mengerahkan empat unit kapal yang terdiri atas 1 unit Rescue Boat (RB) 203 di Pelabuhan Belawan, 1 unit RB 301 di Pelabuhan Panton Tanjung Balai, 1 unit Kapal KN SAR 248 Sanjaya di Pelabuhan Panton Tanjung Balai, dan 1 unit Kapal KN SAR 412 di Pelabuhan Ajibata Danau Toba.

Selain itu, juga disiagakan 2 unit RIB (Regead Inflatable Boat) di Pos SAR Parapat Danau Toba, 1 unit RIB di Pelabuhan Belawan, dan 1 unit RIB di Tanjung Balai Asahan.

Baca juga: Basarnas pertebal pengamanan keselamatan mudik Lebaran di Pulau Jawa

Dalam pelaksanaan Siaga SAR, kata dia, akan dilaksanakan serentak secara nasional selama 14 hari ke depan.

"Selain penempatan alat utama, Basarnas Medan juga melaksanakan patroli di sejumlah titik yang rawan bencana atau kecelakaan seperti lokasi objek wisata, objek vital bandara dan pelabuhan, serta di jalan tol," ujar dia.

Menurut dia, personel patroli menggunakan kendaraan yang telah dilengkapi peralatan evakuasi, peralatan ekstrikasi guna penanganan kecelakaan yang membutuhkan penanganan khusus, serta peralatan penyelamatan vertikal.

Dalam kesempatan itu, ia meminta seluruh personel agar menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugas dengan memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan pelayanan SAR, di mana dan kapanpun dibutuhkan.

Baca juga: BPBD Semarang dirikan posko mudik di Gombel berkapasitas 100 motor

"Selamat melaksanakan Siaga SAR Khusus, seluruh tim akan berkoordinasi dengan posko-posko pengamanan dan posko pelayanan arus mudik dan balik Lebaran 2024," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024