Garuda Fund, kolaborasi antara MUFG, MUIP, dan Danamon, telah mengalokasikan total dana 100 juta dolar AS untuk periode investasi 2023-2028.
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) dan MUFG Innovation Partners Co Ltd (MUIP) menjalin kemitraan strategis untuk memperkuat inklusi keuangan di Indonesia.

Kemitraan ini diwujudkan melalui penempatan investasi pada Qoala, perusahaan startup Insurance Technology (insurtech), melalui MUFG Innovation Garuda No. 1 Limited Investment Partnership (Garuda Fund).

“Garuda Fund, merupakan kolaborasi antara MUFG, MUIP, dan Danamon, telah mengalokasikan total dana sebesar 100 juta dolar AS untuk periode investasi 2023-2028. Fokus investasi Garuda Fund adalah pada startup tahap seri A ke atas, dengan rata-rata investasi 5 juta dolar AS dengan tujuan strategis untuk meningkatkan bisnis kolaborasi Danamon dengan para pelaku digital dan fintech (financial technology) di Indonesia,” catat keterangan resmi, di Jakarta, Rabu.

Kolaborasi antara Danamon-MUIP dan Qoala diawali dengan pendanaan dari Danamon-MUIP untuk melengkapi putaran pendanaan Seri C Qoala yang sebelumnya dipimpin oleh PayPal dan MassMutual Ventures.

Pendanaan Danamon-MUIP kepada Qoala didasari oleh kesamaan visi dan misi dalam mewujudkan inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia.

Qoala, sebagai perusahaan insurtech, disebut menghadirkan solusi asuransi yang mudah diakses melalui platform digital terintegrasi, teknologi machine learning, dan alur kerja digital.

Menurut Presiden dan CEO MUIP Nobutake Suzuki, penetrasi asuransi di Indonesia masih cukup rendah, bahkan jika dibandingkan dengan pasar regional.

Pihaknya menghargai pendekatan omni-channel yang dilakukan Qoala untuk memasarkan asuransi, karena sangat cocok untuk meningkatkan akses terhadap pasar yang belum tersentuh produk asuransi.

“Kami menantikan inisiatif dari Qoala, baik pengembangan yang mencakup sisi teknologi maupun produk asuransi, agar dapat terus meningkatkan consumer experience. Kami juga berharap Qoala dapat terus memperkuat kolaborasi dengan bank partner dari MUFG di Indonesia, yaitu Danamon, untuk meningkatkan inklusi keuangan dan penetrasi asuransi di pasar,” ujar Nobutake.

Consumer Funding & Wealth Business Head Danamon Ivan Jaya menambahkan bahwa Danamon bersama MUFG dan MUIP terus berupaya mendukung pelaku startup menjadi mitra keuangan lokal maupun global di tengah kondisi pendanaan privat yang turun lebih dari 85 persen pada 2023.

Bentuk dukungan yang diberikan ialah berbagai solusi keuangan dan kemudahan terhadap akses produk perbankan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, termasuk di dalamnya pelaku startup.

Melalui inisiatif ini, pihaknya berharap dapat menjadi solusi nyata dalam menyediakan produk perbankan, salah satunya produk asuransi yang lebih mudah diakses secara digital melalui aplikasi Qoala.

Nasabah-nasabah yang sudah memiliki rencana keuangan masa depan, seperti profesional muda atau nasabah yang baru/sudah berkeluarga, diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Hal ini sejalan dengan komitmen Danamon untuk tumbuh bersama nasabah atau partner kami dan hadir dalam setiap tahap kehidupan melalui solusi-solusi finansial kami, dan membantu mereka memegang kendali atas setiap kebutuhan dan tujuan keuangannya. Terkait investasi dari Garuda Fund, kami menargetkan untuk berinvestasi pada 15 startup hingga tahun 2028," ujar Ivan.

Deputy CEO dan Co-Founder Qoala Tommy Martin menyambut dukungan yang diberikan pihak Danamon dan MUIP.

“Kami mengapresiasi dukungan dari Danamon dan MUIP melalui Garuda Fund. Dukungan ini membantu perkembangan Qoala dalam mewujudkan misinya mendorong inklusi keuangan melalui pengembangan teknologi inovatif. Ini merupakan langkah awal kolaborasi Qoala, Danamon, dan MUIP. Kami berharap kedepannya dapat menghadirkan solusi keuangan bagi masyarakat Indonesia,” kata Tommy.

Melalui putaran pendanaan series C, Qoala dinyatakan siap menghadirkan inovasi teknologi, termasuk mengintegrasikan kecerdasan buatan ke berbagai channel, dan meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan, agen, dan mitra.
Baca juga: Danamon Syariah targetkan penyaluran kredit tumbuh konservatif di 2024
Baca juga: Bank Danamon sesuaikan jadwal operasional cabang selama libur Lebaran


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024