Jakarta (ANTARA) - Apple diperkirakan akan segera memperkenalkan model iPad Pro dan iPad Air baru sekaligus rumor tentang perusahaan yang sedang mengerjakan aksesori baru untuk tabletnya yaitu Apple Pencil.

Melansir 9to5Mac pada Selasa (2/4), kini terdapat bukti yang menguatkan pengembangan Apple Pencil 3 baru dan akan menampilkan gerakan “squeeze” atau meremas.

Berbagai bukti yang ditemukan dalam kode iPadOS 17.5 beta, yang dirilis ke developer menunjukkan gerakan baru yang disebut “squeeze” untuk Apple Pencil.

Baca juga: Apple kembangkan teknologi baru untuk stylus Pencil

Gestur tersebut dapat digunakan untuk interaksi cepat seperti menambahkan bentuk, tanda tangan, stiker, atau bidang teks.

Sepertinya, gestur tersebut akan terpicu dengan menekan permukaan Apple Pencil.

Apple Pencil 2 hanya mendukung gerakan ketuk dua kali untuk beralih di antara alat yang berbeda di aplikasi tertentu dan tidak memiliki sensor tekanan di permukaannya, hanya di ujungnya.

Hal ini sangat menunjukkan bahwa gerakan “remas” baru yang ditemukan di iPadOS 17.5 beta ditujukan untuk Apple Pencil 3 yang belum dirilis.

Baca juga: Mirip S Pen Galaxy Note9, Apple akan rilis Pencil untuk iPhone

Menariknya, Apple juga telah memperbarui interface untuk memasangkan Apple Pencil untuk pertama kalinya guna mendukung perangkat keras baru yang belum ada. Awal tahun ini, 9to5Mac telah menemukan bukti dukungan Apple Pencil di aplikasi Find My. Saat ini, tidak ada model Apple Pencil yang dapat dilacak melalui jaringan Find My.

Sementara itu, iPadOS 17.4 telah memperkenalkan versi baru API PencilKit, yang dapat digunakan developer untuk membuat aplikasi mereka kompatibel dengan Apple Pencil.

Namun, Apple belum mengungkapkan kemampuan baru apa yang ditambahkan PencilKit 3 untuk pengguna.

Beberapa rumor menyebutkan bahwa Apple Pencil 3 akan mendukung ujung magnet yang dapat diganti.

Baca juga: Jika Samsung punya S Pen, Apple kini punya Pencil

Baca juga: Wacom luncurkan "pen display" dan "pen tablet" generasi terbaru


Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024