Jakarta (ANTARA) - Peraih gelar MVP Final IBL 2023 Muhammad Reza Guntara memiliki performa yang terus meningkat sejak mendapatkan kesempatan bermain di laga-laga internasional.

Pada pertandingan internasional terakhirnya, yakni melawan Hi-Tech Basketball Club di ajang Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia Putaran 1, Reza menjadi pencetak skor terbanyak bagi timnya dengan 20 poin, dan 15 angka di antaranya dibuat lewat tembakan jarak jauh.

Bahkan akurasi tembakan tripoin Reza sampai 83,3 persen, atau 5 berhasil dari total 6 percobaan yang dilakukannya.

Tak hanya dalam menyerang, Reza yang memiliki postur 1,95 meter itu juga menampilkan permainan bertahan yang solid saat melawan tim juara dari Thailand. Reza sendiri meraih predikat sebagai Pemain Bertahan Terbaik IBL 2023.

Baca juga: Reza Guntara pindah ke Pelita Jaya

Memang ini hanya baru pertandingan pertama Kualifikasi BCL Asia, namun hasil mencetak poin Reza sudah menjadi yang terbanyak yang pernah dia buat sepanjang kompetisi FIBA, termasuk penampilannya bersama Timnas Indonesia selama setahun terakhir.

Pada laga internasional perdananya melawan Arab Saudi dalam ajang Prakualifikasi Olimipade Paris 2024 di Suriah, Reza menyumbang 7 poin dengan 1 tembakan tripoin.

Pada laga internasional keduanya saat melawan Bahrain di ajang yang sama, Reza mencetak 14 poin dengan 2 tripoin, laga ketiga melawan Suriah 16 poin dengan 4 tripoin.

Performa Reza di ajang internasional menurun pada 25 Februari lalu saat melawan Australia di ajang Kualifikasi Asia Cup 2025 yang mencatat 9 poin dengan seluruhnya dicetak dari tripoin. Performa puncak Reza di ajang internasional saat membela timnya Pelita Jaya di BCL Asia 2024 dengan 20 poin dan 5 tripoin.
 
Pebasket timnas Indonesia Reza Guntara berlatih dalam pemusatan latihan di GBK Arena, Jakarta, Minggu (30/7/2023). . ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Baca juga: Pelita Jaya Jakarta lumat tim asal Thailand dalam BCL Asia 2024

Capaian Pemain Bertahan Terbaik IBL 2023, MVP Final IBL 2023, dan menjadi Juara IBL 2023 bersama Prawira Harum Bandung yang membuat Reza dilirik oleh Kepala Pelatih Timnas Indonesia, Milos Pejic, dan mulai memberikannya kesempatan untuk membela Indonesia untuk pertama kalinya pada pertengahan tahun 2023.

Performa Reza di IBL 2023 juga dilirik oleh tim rival asal Ibu Kota, Pelita Jaya Jakarta. Reza memutuskan menyeberang ke Pelita Jaya pada akhir 2023 setelah membawa Prawira kembali merengkuh gelar juara liga basket nasional pertama mereka selama 25 tahun.

Oleh karena itu, penampilan debut Reza di Kualifikasi BCL Asia yang sukses di disambut sangat baik oleh para penggemar, baik itu penggemar Pelita Jaya, penggemar Prawira Bandung, atau bahkan penggemar bola basket Indonesia pada umumnya.

Baca juga: Tiba di Mongolia, Pelita Jaya langsung latihan persiapan BCL Asia 2024
Baca juga: Prawira-PJ berpeluang langsung ke putaran dua kualifikasi BCL Asia

Baca juga: Firdhan ingin melawan Reza Guntara di Final IBL 2024

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024