Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah membuka pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, mulai 1 April sampai 31 Mei 2024.

Ketua DPC PDIP Kota Palangka Raya Nenie Adriati Lambung di Palangka Raya, Kamis, mengatakan bahwa dalam pendaftaran tersebut pihaknya sama sekali tidak dipungut biaya dan terbuka untuk kader PDIP dan umum.

"Para bakal calon wali kota dan wakil wali kota wajib mengisi formulir yang telah disediakan oleh panitia dan sama sekali tidak dipungut biaya," kata Nenie.

Dia menuturkan, bagi tokoh masyarakat, agama dan lain sebagainya silakan mendaftar apabila ada keinginan untuk bersaing di pilkada serentak tahun ini.

Tentunya untuk melakukan pendaftaran para calon nantinya juga melengkapi sejumlah persyaratan yang wajib untuk dipenuhi dan mengikuti aturan dari partai.

"Kami tidak menargetkan berapa jumlahnya, namun sebanyak-banyaknya sehingga nantinya siapa yang akan dipilih akan bertarung pada Pilkada 2024 ini," ungkapnya.

Nenie yang juga menjabat sebagai Anggota DPR Kota Palangka Raya itu menambahkan, terkait bagi masyarakat yang hendak mengetahui lebih lanjut terkait pendaftaran tersebut bisa menghubungi sekretariat DPC PDIP Kota Palangka Raya.

Bisa melalui nomor telepon 0813-4820-8447 atau 0858-4927-9267 yang setiap hari aktif dan siap melayani masyarakat yang hendak mendaftar sebagai bakal calon wali kota melalui PDIP Kota Palangka Raya.

"Sekali lagi pendaftaran ini terbuka untuk internal partai maupun eksternal partai," demikian Nenie Adriati Lambung.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 di 37 Provinsi di Indonesia.

Pilkada serentak 2024 diikuti 37 dari 38 provinsi, karena Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY) tidak melakukan pilkada langsung.

Kemudian, dari 514 kabupaten/kota, hanya 508 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2024. Sebab, ada 6 kabupaten/kota administratif di DKI Jakarta yang tidak ada pilkada langsung.

Pemungutan suara Pilkada serentak 2024 akan dilakukan pada Rabu, 27 November 2024.
 

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024