Hari ini para pemudik kami lepas menggunakan enam bus ke tujuan masing-masing.
Medan (ANTARA) - PT Pegadaian Kanwil I Medan memberangkatkan sebanyak 220 masyarakat yang ingin mudik ke enam kota tujuan melalui program mudik gratis dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil I Medan Beni Martina Maulan, di Medan, Kamis, mengatakan untuk program mudik gratis kali ini pihaknya memberangkatkan sebanyak 220 pemudik dengan tujuan rute Medan-Banda Aceh, Medan-Pekanbaru, Medan-Padang, Medan Rantau Prapat, Medan-Panyabungan, dan Medan-Padangsidimpuan.

Tahun ini dengan tema Mudik Asyik Bersama BUMN, kegiatan yang diselenggarakan untuk memberikan pengalaman mudik yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi masyarakat tersebut juga sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia.

"Hari ini para pemudik kami lepas menggunakan enam bus ke tujuan masing-masing. Selama dalam perjalanan menuju kampung halamannya, para pemudik diberikan sejumlah fasilitas pendukung lainnya seperti tas, kaos, bahkan makan malam serta uang saku. Semoga perjalanan mereka ke kampung halaman berjalan lancar," katanya pula.

Melalui Program Mudik Asyik Bersama BUMN, PT Pegadaian terus mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, dalam bentuk mengurangi beban ekonomi pemudik, sehingga alokasi biaya mudik bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang mungkin lebih mendesak.

Kegiatan Asyik Bersama BUMN tersebut merupakan program nasional yang tujuan utama dari penyelenggaraan program mudik gratis ini adalah untuk membantu masyarakat dalam melaksanakan tradisi mudik, yang merupakan bagian penting dari perayaan Hari Raya Idul Fitri serta menciptakan peluang ekonomi bagi berbagai pihak, mulai dari operator moda transportasi hingga UMKM yang terlibat langsung maupun tidak langsung selama program berlangsung.

"Ini momentum bagi kami untuk berbagai bersama nasabah dan masyarakat melalui program Mudik Asyik Bersama BUMN ini. Harapannya kami dapat memberikan manfaat yang baik bagi para peserta mudik, sekaligus menguatkan tali silaturahmi antarmasyarakat di seluruh Indonesia," katanya.

Ia juga menyampaikan selama Ramadhan ini, pihaknya juga menggelar Festival Ramadhan Pegadaian 2024 yang digelar dalam rangka partisipasi aktif Pegadaian meramaikan syiar di bulan Ramadhan. Selain itu, juga untuk membantu para pelaku UMKM binaan Pegadaian memasarkan produk-produk mereka.

"PT Pegadaian merupakan sahabat bagi UMKM yang memberikan pendanaan murah melalui KUR Syariah, Kupedes, gadai, fidusia, maupun produk lainnya. Tidak hanya itu, kami juga membantu mendampingi usaha mereka untuk berkembang naik kelas. Hal ini diwujudkan melalui bazar-bazar yang digelar untuk membantu memasarkan produk mereka," katanya pula.

Perwakilan Dinas Perhubungan Kota Medan Richard menyebutkan pihaknya sangat mengapresiasi Program Mudik Asyik Bersama BUMN oleh PT Pegadaian tersebut. Program mudik gratis tersebut dinilai juga bermanfaat dalam mengurangi kemacetan lalu lintas dan yang pasti juga tentunya dapat meminimalisir angka kecelakaan.

Kepada pemudik juga diimbau untuk menjaga masing-masing barang bawaannya, dan tidak menggunakan perhiasan yang mencolok selama perjalanan mudik menuju kampung halaman.

"Kepada sopir juga kami imbau untuk mengutamakan keselamatan dari pada kecepatan, agar semua penumpang selamat sampai tujuan. Kepada PT Pegadaian kami ucapkan terima kasih telah menggelar program mudik gratis ini. Semoga ke depan kita bisa berkolaborasi dalam pelaksanaan program yang sama," katanya lagi.
Baca juga: Pegadaian Denpasar adakan mudik gratis tujuan tiga kota di Jatim
Baca juga: Pegadaian bersama Kementerian BUMN gelar mudik gratis

Pewarta: Juraidi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024