Mereka mengantre untuk mendapatkan tiket mudik gratis dari Kementerian Perhubungan itu.
Kendari (ANTARA) - Ribuan calon pemudik tujuan Kendari-Raha dan Kendari-Baubau memadati antrean tiket gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Pelabuhan Nusantara Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Manajer Operasional PT Pelayaran Dharma Indah Sardif Sarantan saat ditemui di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa tiket mudik gratis yang digagas oleh Kemenhub bersama perusahaan kapal angkutan laut tersebut sangat diminati oleh masyarakat Kota Kendari.

Dia menyebutkan bahwa sejak dibukanya pendaftaran tiket mudik gratis itu, masyarakat berbondong-bondong langsung memadati salah satu loket di Pelabuhan Nusantara Kendari.

"Mereka mengantre untuk mendapatkan tiket mudik gratis dari Kementerian Perhubungan itu," kata Sardif Sarantan.

Dia menyampaikan bahwa program tiket mudik gratis yang dikeluarkan oleh Kemenhub itu merupakan langkah perdana dari pemerintah pusat di Bumi Anoa untuk mengurangi lonjakan pemudik di pelabuhan.

"Itu juga jelas-jelas membantu masyarakat untuk pulang ke daerah mereka dalam rangka Idul Fitri ini," ujarnya pula.

Sardif Sarantan menjelaskan bahwa dalam program tiket mudik gratis itu, Kemenhub menyediakan ribuan tiket yang diperuntukkan bagi warga Kota Kendari yang hendak mudik ke Raha ataupun Baubau.

Dia mengungkapkan bahwa untuk pemberangkatan pertama di tanggal 5 April 2024, sebanyak 270 tiket untuk tujuan Pelabuhan Baubau dan 500 tujuan Pelabuhan Raha.

"Untuk armada yang kami siapkan, sebanyak empat kapal jadwal pagi dan siang, mengantisipasi penumpang umum," kata Sardif Sarantan lagi.

Ia juga menambahkan bahwa untuk jadwal kapal bagi para pemudik yang menggunakan tiket gratis dari Kemenhub itu, akan diberangkatkan pada tanggal 5, 7, 8, dan 14 April 2024.
.
Sardif Sarantan berharap agar masyarakat yang melaksanakan perjalanan mudik bisa menjaga diri hingga selamat sampai di tujuan masing-masing.
Baca juga: Telkomsel layani mudik gratis 200 orang rute Balikpapan-Surabaya
Baca juga: Pegadaian Medan memberangkatkan 220 pemudik gratis ke enam kota

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024