Jakarta (ANTARA) - Denmark menjadi salah satu negara yang paling bahagia menurut World Happiness Report khususnya bagi para generasi senior atau lanjut usia 60 tahun ke atas. 
 
Ditulis laman Travel and Leisure, Kamis (4/4), Denmark memiliki tingkat kepuasan hidup tertinggi di kalangan lansia dan pensiunan, menurut World Happiness Report, yang untuk pertama kalinya mengurutkan negara berdasarkan kelompok umur.
 
Negara bagian Nordik ini menduduki peringkat kedua dalam peringkat keseluruhan dan peringkat kelima dalam hal kebahagiaan generasi mudanya.
 
"Ketimpangan kebahagiaan global telah meningkat lebih dari 20 persen selama belasan tahun terakhir, di semua wilayah dan kelompok umur, hingga tingkat yang sangat berbeda berdasarkan usia dan wilayah,” laporan tersebut mencatat.

Baca juga: Presiden: Indonesia negara paling bahagia di dunia
 
Disebutkan bahwa generasi Baby Boomer, atau mereka yang lahir sebelum tahun 1965, cenderung lebih bahagia dibandingkan generasi milenial dan Generasi Z, atau mereka yang lahir setelah tahun 1980, meskipun pandemi COVID-19 paling berdampak pada generasi tersebut.
 
Angka harapan hidup di Denmark terus meningkat sejak tahun 1950an dan diperkirakan akan mencapai 87 tahun untuk perempuan dan 85 tahun untuk laki-laki dalam 30 tahun ke depan, jauh lebih cepat dibandingkan negara-negara lain di dunia.
 
Saat ini, usia pensiun rata-rata di Denmark adalah 65 tahun, namun akan berubah menjadi 68 tahun pada tahun 2030. Denmark membelanjakan 8,1 persen PDB-nya untuk mendanai sistem pensiun universal, yang terdiri atas pensiun dasar dan suplemen.

Baca juga: Finlandia paling bahagia, AS dilanda ketidakpuasan
 
Dan menurut survei yang dilakukan oleh Pusat Kesejahteraan Nordik yang mengumpulkan data antara tahun 2003 dan 2020, 61 persen orang Denmark yang berusia antara 65 dan 74 tahun, melaporkan kepuasan keseluruhan yang tinggi terhadap kesehatan mereka.
 
"Seiring bertambahnya usia, bias negatif yang umum terjadi pada usia yang lebih muda rata-rata di seluruh dunia semakin terimbangi seiring bertambahnya usia yang membuat orang lebih fokus pada berita dan kenangan positif, mengumpulkan pengalaman hidup yang memperkaya, berpikir lebih baik tentang orang lain, dan menilai kehidupan mereka lebih tinggi lagi," demikian temuan Laporan Kebahagiaan Dunia.

Baca juga: Norwegia negara paling bahagia di dunia, Indonesia nomor 81
 
Laporan ini juga mencatat sedikit penurunan tingkat kebahagiaan seiring bertambahnya usia.
 
Sementara itu Finlandia berada di urutan kedua dalam daftar negara paling bahagia bagi lansia dan di klaim negara paling bahagia di dunia secara keseluruhan selama tujuh tahun berturut-turut, dan Norwegia berada di urutan ketiga. Afghanistan, Lebanon, dan Lesotho berada di peringkat terbawah.

Baca juga: Norwegia gantikan Denmark sebagai negara paling bahagia sedunia

Baca juga: Negara-negara paling bahagia di dunia

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024