Jakarta (ANTARA) - Pasar Senen Blok III Pasar Jaya menerjunkan sejumlah petugas hingga kamera pengawas (CCTV) untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung selama berbelanja.
 
"Pengamanan dipantau melalui CCTV dan patroli keamanan," kata Kepala Pasar Senen Blok III Muhammad Ikhsan saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.
 
Ikhsan menjelaskan, pihaknya memiliki jumlah total petugas keamanan sebanyak 30 personel yang terdiri dari dua regu.
 
Setiap harinya, pihaknya menerjunkan satu regu berjumlah 15 personel yang bertugas menjaga keamanan di kawasan itu. 
 
"Pengerahan petugas ini diharapkan bisa meminimalisir kriminalitas di pasar," ujarnya.

Baca juga: Pasar pakaian bekas Senen prediksi 6-7 April jadi puncak kunjungan
 
Selain itu, dia juga menyarankan agar pengunjung bisa mendatangi Pasar Senen Blok III pada pagi hari untuk menghindari keramaian di lokasi.
 
"Disarankan datang untuk kios jam 10.00 WIB karena pedagang sudah mulai buka," ujarnya.
 
Dikatakan, jam operasional gedung dimulai dari jam 08.00 WIB hingga 18.00 WIB, sedangkan untuk kios basah yang meliputi sayur mayur, buah hingga daging buka 24 jam.

Sebelumnya, pusat penjualan pakaian bekas (thrifting) Pasar Senen Blok III mengumumkan tutup sementara pada hari pertama dan kedua Idul Fitri pada 10 dan 11 April 2024.
 
Pasar Senen Blok III dan VI berada di bawah naungan Perumda Pasar Jaya, Blok I dan II di bawah naungan PT Pembangunan Jaya, serta Blok IV dan V di bawah PT Jaya Real Property.

Baca juga: Pasar Senen Blok III tutup pada hari pertama-kedua Idul Fitri
 
Sebelumnya, Kepala Seksi Penyidikan Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dan Operasional Satpol PP Jakarta Pusat, Ildan Adi Bayu mengatakan pengawasan di kawasan Pasar Senen melibatkan 56 personel gabungan.
 
Personel gabungan itu dari Satpol PP, Perhubungan, Kepolisian dan TNI yang disiagakan setiap hari mulai pukul 15.00 hingga 23.00 WIB.
 
"Kita siagakan petugas jelang sore yakni pagi sampai siang petugas kita akan monitor melakukan patroli," kata Ildan.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024