Jakarta (ANTARA) - Pengelola Blok I dan II Pasar Senen Jaya, Jakarta Pusat, mengingatkan pengunjung untuk menjaga barang bawaan guna mencegah kriminalitas terjadi di lokasi perbelanjaan itu.
 
"Kita pakai pengeras suara yang setiap waktu memberitahukan pengunjung untuk menjaga tas, dompet, ponsel dan sebagainya," kata Manajemen Persewaan Senen Jaya 1 dan 2 Anton Susilo Nugroho saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.
 
Anton menuturkan meski banyak petugas keamanan di lokasi, tentunya para pengunjung juga diharapkan mawas diri untuk menjaga barang berharga yang dimiliki.
 
Terlebih, tindakan kriminalitas seperti pencurian barang bisa terjadi tanpa disadari jika ada kesempatan bagi oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan aksi kriminal.

Baca juga: Pasar pakaian bekas Senen prediksi 6-7 April jadi puncak kunjungan
 
Karena itu, selain menyiagakan sejumlah petugas keamanan Pasar Senen Blok I dan II, pihaknya telah menempatkan kamera pengawas (CCTV) untuk menambah rasa aman pengunjung.
 
"Kita siapkan kurang lebih sekitar per hari itu ada 50 petugas keamanan yang memang bertugas di hari tersebut beserta CCTV," ujarnya.
 
Dia mengingatkan pengunjung untuk waspada di jam rawan keramaian pada pukul 15.00 WIB. Karena itu pengunjung disarankan datang lebih siang. "Disarankan datang jam 11.00 WIB untuk lebih leluasa berbelanja," ujarnya.
 
Pengelola Blok I dan II Pasar Senen telah 
mengumumkan akan tutup sementara pada hari pertama Lebaran, yakni 10 April dan buka kembali pada 11 April 2024.

Baca juga: Pasar Senen Blok III terjunkan petugas hingga CCTV untuk keamanan
 
Saat ini pengelolaan Blok I dan II Pasar Senen di bawah naungan PT Pembangunan Jaya, Blok III dan VI berada di bawah naungan Perumda Pasar Jaya serta Blok IV dan V di bawah PT Jaya Real Property.

Sebelumnya, Kepala Seksi Penyidikan Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dan Operasional Satpol PP Jakarta Pusat, Ildan Adi Bayu mengatakan, pengawasan di kawasan Pasar Senen melibatkan 56 personel gabungan.
 
Personel gabungan itu dari Satpol PP, Perhubungan, Kepolisian dan TNI yang disiagakan setiap hari mulai pukul 15.00 hingga 23.00 WIB.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024