Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Cimahi dapat menggali potensi unggulan daerahnya secara maksimal melalui program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif 2024.
 
Menparekraf dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, mengatakan Kota Cimahi merupakan salah satu daerah dengan keragaman potensi sosial budaya, warisan sejarah, dan alam yang bisa menjadi modal kuat bagi pemerintah daerah dalam pengembangan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya dalam mengembangkan subsektor ekonomi kreatif film animasi dan video, fesyen, serta kuliner.
 
“Kami ingin memahami pelaku ekonomi kreatif ini butuh apa untuk bisa semakin meningkatkan usahanya. Kita bersyukur kota yang hanya 3 kecamatan ini menjadi kota kreatif, dan subsektor yang dipilih adalah animasi dan video, fesyen, serta kuliner. Siapa tahu karena Bandung sudah menjadi kota desain , dan Cimahi juga bisa jadi kota animasi di level dunia,” kata Menparekraf.

Baca juga: Menparekraf: Penyelenggaraan AKI 2024 digelar di 12 kabupaten/kota
 
Banyaknya potensi ekonomi kreatif di Kota Cimahi ini dapat memberikan nilai tambah dalam memperkuat daya tarik desa wisata di sekitar Kota Cimahi.
 
Ia juga mengungkapkan, Kota Cimahi telah melaksanakan uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) pada tahun 2018 dan menyepakati subsektor Film, Animasi, dan Video sebagai subsektor ekonomi kreatif unggulan dan menjadi lokomotif pengembangan ekonomi kreatif di Kota Cimahi.
 
Atas konsistensi dan komitmen yang kuat dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, pada tahun 2021 Kota Cimahi juga telah ditetapkan sebagai KaTa Kreatif Indonesia.
 
“Harapannya KaTa Kreatif ini akan semakin kuat. Dan kita punya program-program yang bisa kita kolaborasikan seperti AKI, ADWI. Dan melalui KaTa Kreatif ini diharapkan bisa menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru yang berkualitas dan berkelanjutan,” kata Menparekraf Sandiaga.

Baca juga: Menparekraf: Digitalisasi perluas akses pemasaran UMKM sektor ekraf
 
Kota Cimahi menjadi lokasi ketiga pelaksanaan rangkaian kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia Tahun 2024.
 
Kegiatan workshop ini sebagai salah satu wujud komitmen dan konsistensi Kemenparekraf dalam upaya memahami kebutuhan pelaku ekonomi kreatif serta memberikan dukungan dan fasilitasi terkait pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024