Jakarta (ANTARA) -
Perimenopause bukan hanya tanda awal menuju akhir menopause, namun juga menjadi tanda menstruasi tidak teratur dan juga berdampak pada usus seperti sembelit.
 
Ditulis laman Well and Good, Sabtu (6/4), sembelit adalah gejala yang umum terjadi pada penderita perimenopause. Tidak ada statistik terkini, namun sebuah studi tahun 1998 di Women & Health menemukan bahwa 14 persen orang melaporkan perubahan fungsi usus selama perimenopause.
 
Alasan paling umum untuk perubahan usus, dan khususnya sembelit adalah karena menurunnya kadar hormon estrogen. Ketika kadar estrogen Anda mulai menurun pada masa perimenopause, hormon lain yang disebut kortisol (yaitu hormon stres) dapat meningkat.
"Lonjakan kortisol dapat mempengaruhi pencernaan, Ini adalah hormon stres, dan setiap kali kita stres, kita akan melihat masalah motilitas usus semakin parah, dengan kata lain, stres dapat memperlambat pencernaan," jelas Taniqua Miller, MD, OB/GYN , seorang dokter di Evernow dan pendiri TaniquaMD.
 
Selain peningkatan kortisol, penurunan hormon progesteron (umumnya terlihat selama perimenopause) juga dapat menyebabkan usus Anda melambat, menurut ulasan di Physiological Research pada bulan April 2022.
 
Dr Miller juga mengatakan perubahan pola makan juga memengaruhi sembelit pada masa perimenopause.
 
Anda lebih cenderung mendambakan karbohidrat atau makanan yang menenangkan selama masa ini, untuk membantu mengatasi ketidaknyamanan fisik dan emosional akibat perimenopause.
 
Tapi makanan ini, seperti makanan yang digoreng atau makanan ultra-olahan, cenderung bertahan lebih lama di saluran pencernaan Anda, sehingga menyebabkan sembelit, katanya.
 
"Terkadang, ketika berat badan wanita bertambah selama masa transisi ini, mereka akan mulai melakukan diet,” kata Dr. Miller.
 
Atau mereka mulai melakukan puasa intermiten, tetapi tidak dengan cara yang benar-benar meningkatkan metabolisme. Hal itu sebenarnya dapat memperlambat transit usus.
 
Yang terakhir, Perimenopause dapat menyebabkan komplikasi pada kelompok otot di panggul yang sering diabaikan, yang membantu mendukung fungsi tubuh seperti buang air besar, kencing, seks, dan kehamilan, menurut Klinik Cleveland.
 
Iritasi, kejang otot, jaringan parut, atau sesak pada dasar panggul dapat berdampak negatif pada fungsi usus besar Anda, yang menyebabkan potensi sembelit.
 
Solusinya, konsumsi cukup serat, baik Anda sedang dalam masa perimenopause atau tidak. Makanan berserat tinggi prebiotik mencakup hal-hal seperti oat, ubi jalar, bawang bombay, daun bawang, bawang putih, akar sawi putih, artichoke Yerusalem, asparagus, dan apel, kata Susie Garden, BN , ahli gizi klinis yang berbasis di Australia.
 
Selain itu sangat penting bagi orang-orang perimenopause untuk berolahraga jika mengalami sembelit. Tetap terhidrasi dan gunakan obat pencahar sesuai resep dokter, jika diperlukan konsumsi suplemen estrogen untuk meredakan sembelit.
 
 
 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024