mohon para pemudik dan wisatawan yang menuju Sukabumi untuk mulai melakukan penyesuaian baik dari segi jalur maupun dari segi waktu
Kabupaten Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pemudik dan wisatawan yang menuju Sukabumi agar melakukan penyesuaian perjalanan karena Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Bocimi masih dalam perbaikan.

"Tadi kita pantau memang per hari ini masih dalam perbaikan, jadi mohon para pemudik dan wisatawan yang menuju Sukabumi untuk mulai melakukan penyesuaian baik dari segi jalur maupun dari segi waktu," ujar Sandiaga di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Senin.

Menurut dia, hal ini karena fenomena cuaca yang perlu diantisipasi.

"Cuaca ekstrem ini harus kita antisipasi, tadi kami juga bekerja sama dan berkoordinasi dengan Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bagaimana cuaca ini tidak mengganggu kegiatan pemudik yang pulang ke kampung halaman, dan  kepada para wisatawan yang hendak berkegiatan wisata dan ekonomi kreatif di wilayah setempat," katanya.

Sandiaga juga mengatakan dalam mudik Lebaran kali ini terdapat juga pemudik yang memilih untuk melintasi Jalur Puncak sebagai alternatif.

Baca juga: Arus lalin Tol Bocimi arah Sukabumi dialihkan ke Gerbang Tol Cigombong

Baca juga: Menteri PUPR: Longsor di Tol Bocimi akibat curah hujan tinggi


"Ada juga tadi pemudik yang menuju wilayah Sukabumi melalui Jalur Puncak, ini harus berhati-hati juga karena banyak yang memilih Jalur Puncak sebagai alternatif," katanya.

Sebagai informasi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan longsor di Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) akibat dari curah hujan yang tinggi.

Basuki Hadimuljono mengatakan kejadian tersebut diduga bukan karena adanya gerakan tanah, melainkan murni karena adanya longsor akibat dari curah hujan yang tinggi. Untuk itu, akan diupayakan penanganan dalam tiga hari ke depan.

Kementerian PUPR akan melakukan monitor dan tes dulu untuk bisa diupayakan jalur B nya dipakai sebagai jalur mudik kendaraan golongan 1, sehingga diharapkan sedikit bisa memecah arus mudik menuju Cigombong.

Selain itu Kementerian PUPR juga akan berkoordinasi dengan Kepolisian untuk bisa dibuka satu arah dari arah Jakarta ke Sukabumi. Untuk arus balik juga nanti akan satu arah dari arah Sukabumi ke Jakarta. Akan diupayakan agar Senin atau Selasa dapat dibuka. Setelah itu akan ditangani secara permanen setelah lebaran, kira-kira 2-3 bulan penanganannya.

Baca juga: Wamen BUMN upayakan Tol Bocimi bisa beroperasi saat Lebaran

Baca juga: TJT lakukan respons cepat terkait peristiwa longsor di Tol Bocimi

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024