Secara umum tidak ada kendala dalam pola operasi dan kelancaran operasional KA
Solo (ANTARA) - Ribuan penumpang kereta api (KA) jarak jauh turun di Stasiun Solobalapan, Jawa Tengah pada H-2 Lebaran 2024.

Manager Humas Daops 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro di Solo, Jawa Tengah, Senin, mengatakan, khusus di Stasiun Solobalapan jumlah penumpang naik pada hari ini sebanyak 2.566 penumpang dan ada 3.942 penumpang turun.

Meski masih ribuan, katanya, angka ini mulai menurun jika dibandingkan hari-hari sebelumnya. Pihaknya mencatat pada Minggu (7/4), di mana jumlah penumpang naik melalui Stasiun Solobalapan mencapai 3.414 penumpang dan jumlah penumpang turun sebanyak 4.652 penumpang.

Sedangkan puncak arus mudik di Daops 6 termasuk tujuan Stasiun Solobalapan terjadi pada Sabtu (6/4) dengan jumlah penumpang naik mencapai 4.277 penumpang. Selanjutnya, untuk penumpang turun sebanyak 5.447 orang.

Ia mengatakan beberapa KA yang tiba di Stasiun Solobalapan pada hari ini, di antaranya KA Lodaya, Mutiara Selatan, Turangga, dan KA Lodaya Tambahan dari arah Bandung.

Sedangkan dari Jakarta ada dari KA Argo Semeru, Argo Dwipangga, Manahan, Manahan Tambahan, Gajayana, dan Argo Lawu.

Selain itu juga ada KA Ranggajati dari Stasiun Cirebon pada siang hari, katanya.

"Secara umum tidak ada kendala dalam pola operasi dan kelancaran operasional KA," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, selama periode mudik kali ini ada sebanyak sembilan KA tambahan dioperasikan di wilayah Daop 6 Yogyakarta. Sembilan KA tambahan tersebut, yakni KA Manahan Solo-Gambir ada tiga KA, Lodaya Solo-Bandung ada dua KA, Taksaka Yogyakarta-Gambir ada dua KA, Sancaka Yogyakarta satu KA, dan satu KA tambahan Lebaran Yogyakarta-Gambir.

Baca juga: Pj Gubernur Jateng cek kesiapan Stasiun Solobalapan hadapi mudik
Baca juga: Gibran minta PT KAI percantik fasilitas di Stasiun Solobalapan

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024