Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tampil dengan percaya diri sehingga mampu melaju ke babak 16 besar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 di Ningbo, China.

Adapun Fajar/Rian berhasil memetik kemenangan pada babak pertama BAC 2024 atas pasangan Thailand Pharanyu Kaosamaang/Worrapol Thongsa-Nga melalui straight game 21-16, 21-16, Rabu.

“Hari ini bisa bermain lancar dan menang. Lawan juga bermain baik dan tidak gampang mati. Sementara kami juga masih penyesuaian dengan shuttlecock yang digunakan dengan masih mencari-cari touch-nya,” kata Rian, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

“Cuma hari ini kami dari awal bisa tampil dengan percaya diri. Kami bisa mengontrol permainan. Sepanjang pertandingan, kami tidak buru-buru,” ujarnya menambahkan.

Pasangan yang turun sebagai unggulan keenam itu pun mengaku tidak terpengaruh dengan kekalahan dua kompatriotnya, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, di babak 32 besar hari ini.

“Kekalahan Bagas/Fikri dan Leo/Daniel tidak berpengaruh terhadap penampilan kami. Kami tidak mikir atau terganggu dengan kekalahan rekan kami. Kami fokus pada permainan diri sendiri,” ujar Rian.

Baca juga: Fokus membawa Gregoria amankan tempat di 16 besar BAC 2024

Dengan ini, maka juara bertahan All England Open itu akan berjumpa dengan pemenang laga antara Lu Ching Yao/Yang Po Han (Taiwan) dan Nguyen Dinh Hoang/Tran Dinh Manh (Vietnam) di babak 16 besar esok.

Sejauh ini, Indonesia sudah mengamankan enam tempat di babak kedua BAC 2024. Selain Fajar/Rian, ada dua tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, serta tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Lebih lanjut, ada dua pasangan ganda campuran yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang juga melangkah lebih jauh pada kejuaraan ini, yang sekaligus merupakan turnamen terakhir pengumpulan poin kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

Baca juga: Jonatan andalkan variasi serangan demi melangkah ke 16 besar BAC
Baca juga: Leo/Daniel dan Meilysa/Rachel kurang sabar saat berlaga di BAC


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024