Karawang (ANTARA) - Petugas menerapkan contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek menyusul padatnya arus lalu lintas di jalan tersebut sehari setelah Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, Kamis.

Ria Marlinda Paallo, VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, dalam keterangannya di Karawang, Kamis mengatakan bahwa contraflow diterapkan atas diskresi pihak kepolisian.

Sebelumnya petugas menerapkan contraflow satu lajur dari KM 55 sampai KM 65 arah Cikampek ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 11.10 WIB.

Kemudian Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melakukan perpanjangan contraflow dari KM 47 sampai KM 65 arah Cikampek ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 11.46 WIB.

Penerapan contraflow diterapkan di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek karena kondisi arus lalu lintas yang cukup padat.

Ria Marlinda menyampaikan, PT JTT mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan dan memastikan kendaraan dalam keadaan prima.

Baca juga: Pengguna jalan tol di jalur contraflow wajib patuhi rambu lalu lintas

Selain itu juga diimbau agar pengendara memperhatikan kondisi saldo uang elektronik supaya cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area.

Disebutkan pula agar pengendara selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

Sementara itu, arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek cukup padat sehari setelah lebaran. Arus lalu lintas didominasi kendaraan roda dua dari arah Jakarta dan sekitarnya.

Kepadatan kendaraan juga semakin parah di saat menjelang rest area KM 57 jalan Tol Jakarta-Cikampek akibat antrean panjang kendaraan yang akan memasuki rest area.

Baca juga: Contraflow diperpanjang dari KM 47 hingga KM 65 Tol Japek

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024