Jakarta (ANTARA) - Ratusan warga Indonesia melaksanakan salat Idulfitri 1445 H dan saling bersilaturahmi di tengah kehangatan musim semi di Kedutaan Besar RI Madrid di Spanyol, Rabu (10/4).

Menurut keterangan tertulis KBRI Madrid yang diterima di Jakarta, Kamis, masyarakat Indonesia dan Duta Besar Indonesia untuk Spanyol Muhammad Najib memperingati Idulfitri 1445 H di halaman Wisma Duta RI Madrid.

Acara dimulai dengan sambutan dari Dubes Najib, dilanjutkan dengan laporan kegiatan Ramadhan, kemudian diikuti pelaksanaan salat Idulfitri dan khotbah. Acara itu kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan ramah-tamah dengan masyarakat.

KBRI Madrid menyebutkan bahwa partisipasi masyarakat pada perayaan Idulfitri tahun ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan perayaan tahun lalu.

Mereka juga menambahkan bahwa tidak hanya masyarakat yang tinggal di Madrid, tetapi juga masyarakat dari luar Madrid dan luar negeri yang sedang berlibur di Madrid juga menyempatkan untuk hadir dalam perayaan lebaran tahun ini.
Masyarakat Indonesia sedang mengambil makanan khas Indonesia di Kedutaan Besar RI Madrid, Spanyol, Rabu (10/4/2024). (ANTARA/HO-KBRI Madrid)
 

Para WNI yang hadir dalam perayaan Idulfitri tersebut menilai kegiatan itu sebagai momen berharga untuk melakukan silaturahmi bersama sesama warga Indonesia lainnya di Spanyol, menurut KBRI Madrid.

Beberapa dari mereka mengakui bahwa menghadiri lebaran yang diadakan KBRI Madrid adalah kesempatan untuk melepas rindu dengan makanan khas Indonesia, seperti rendang, lontong sayur, telur balado dan sate padang.

Sebelum peringatan hari raya Idulfitri, selama bulan Ramadhan, KBRI Madrid juga sudah melaksanakan berbagai aktivitas lainnya seperti buka bersama dengan masyarakat Indonesia setiap Sabtu.

Baca juga: Lebih dari 2.000 warga Indonesia ikuti shalat Id di KBRI London

Baca juga: WNI rayakan Idul Fitri di tengah dinginnya udara Hamburg


 

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024