Jakarta (ANTARA) -
Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP PERBASI), Nirmala Dewi, berharap para atlet bisa lebih tangguh dan mampu menaikkan mentalitas mereka dalam meraih prestasi seusai melewati tempaan selama bulan suci Ramadhan.
 
Ia menjelaskan, bagi atlet muslim yang menjalankan ibadah puasa, diharapkan bisa menjadi manusia yang lebih tangguh, karena telah melawan hawa nafsu, serta terlatih tidak makan dan minum saat harus berlatih setiap hari.
 
"Kiranya tempaan Ramadhan kemarin dapat menjadikan kita semua khususnya para atlet menjadi manusia yang lebih tangguh," kata Nirmala kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.
 
Lebih lanjut dia menjelaskan, dengan proses menahan diri dan tempaan itu, diharapkan bisa menjadi modal untuk menghadapi setiap tantangan event olahraga basket ke depannya.

Baca juga: Perbasi siapkan 15 atlet muda jalani latihan enam bulan di Lithuania
 
Nirmala menambahkan, setiap atlet harus lebih semangat karena telah me-recharge asa setelah melewati Ramadhan dan merayakan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Semangat, terus mengasah mental juara sehingga bisa menjadi pemenang yang sesungguhnya," ujar perempuan berumur 45 tahun itu.
 
Tahun ini, PP PERBASI memiliki banyak agenda untuk pengembangan pemain muda untuk tim nasional.
 
Di antaranya, kompetisi Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) U-18, FIBA U-18 Asia Cup, dan FIBA U-23 Nations League.
 
Semua kompetisi itu akan diikuti untuk mengembangkan dan menguji talenta atlet basket putra dan putri.
 
Selain tiga kompetisi internasional tersebut, PERBASI juga memiliki program Indonesia Patriots yang akan mengirim 15 atlet putra ke Lithuania setelah libur Lebaran Idul Fitri, guna mengembangkan bakat mereka.

Baca juga: Perbasi persiapkan skuad pemain muda untuk kejuaraan di 2024
Baca juga: Sekjen PERBASI harap semangat pemain Timnas Putri U-18 tetap terjaga

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024