Upaya menumbuhkan kecintaan terhadap Tanah Air melalui sejarah perlu terus dipupuk salah satunya melalui kegiatan Pekan Nasional Cinta Sejarah (PENTAS).

Direktur Sejarah dan Nilai Budaya Endjat Djaenuderadjat mengatakan, kegiatan ini bertujuan mentransformasikan nilai-nilai kesejarahan pada generasi muda, sehingga tumbuh pemahaman terhadap kebangsaan dan negaranya.  "Kita berupaya menanamkan rasa kebanggaan sebagai bangsa Indonesia," katanya di Kemdikbud, Jakarta,  Sabtu (16/11/2013).

Pentas digelar di Pontianak, Kalimantan Barat mulai 18-22 November 2013. Pada kegiatan yang mengambil tema "Memperkokoh Karakter Bangsa melalui Pemahaman Sejarah" ini diikuti mahasiswa terpilih dari 33 provinsi. "Kegiatan juga diikuti oleh masyarakat yang berminat di bidang sejarah," kata Endjat.

Rangkaian kegiatan meliputi dialog interaktif kesejarahan, presentasi lomba karya tulis sejarah, presentasi lomba karya komik sejarah, pemutaran dan diskusi film sejarah, dan pameran kesejarahan.

Lomba Karya Tulis Sejarah (LKTS) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam menuangkan gagasan dan ide dalam bentuk tulisan dan lisan. Peserta lomba adalah mahasiswa dan terbuka untuk semua jurusan, dengan subtema  “Keragaman Budaya sebagai Modal Bangsa untuk Memperkokoh NKRI

Adapun lomba karya komik sejarah bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi dan kreativitas generasi muda Indonesia dalam pemahaman nilai-nilai kesejarahan. Tujuan lainnya adalah menumbuhkembangkan minat komikus muda Indonesia dalam rangka mengembangkan komik sejarah sebagai bacaan alternatif sejarah. Subtema adalah “Menggali Tokoh Toleransi Indonesia”.

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2013