"Di sini kita membantu Polres Bogor ya, dua atau tiga hari dengan teman-teman komunitas yang bisa gabung ke sini,"
Bogor (ANTARA) -
Kelompok relawan komunitas motor yang bernama Bikers Safety Riding membantu menghalau para pengendara sepeda motor yang terkecoh oleh kepadatan arus lalu lintas di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada momen libur Lebaran 2024 hingga nyaris masuk ke Tol Jagorawi.
 
Perwakilan relawan komunitas motor, Anwar Sanusi, menilai masih banyak pengendara masyarakat khususnya pengendara motor yang baru pertama kali berkunjung ke jalur wisata Puncak. Sehingga mereka terkecoh dengan mengikuti mobil-mobil yang masuk ke jalur Tol Jagorawi dari Simpang Gadog.
 
"Di sini kita membantu Polres Bogor ya, dua atau tiga hari dengan teman-teman komunitas yang bisa gabung ke sini," kata Anwar saat ditemui di Simpang Gadog, Sabtu.
 
Adapun pengendara sepeda motor yang terkecoh itu berasal dari arah Puncak menuju ke Bogor. Namun di Simpang Gadog, pengendara motor itu justru melaju lurus ke akses masuk Tol Jagorawi karena mengikuti mobil di depannya, sedangkan seharusnya kendaraan roda dua diarahkan untuk berbelok ke kiri untuk melaju ke arah Ciawi.
 
Ketika ada sepeda motor yang terkecoh, para relawan dari komunitas tersebut pun memberhentikan motor tersebut dan mengarahkannya untuk masuk kembali ke jalur arteri menuju Ciawi.
 
Di lokasi itu, Satlantas Polres Bogor pun telah memasang rambu-rambu yang cukup besar berisi petunjuk arus bagi kendaraan roda empat dan roda dua. Anwar pun menilai banyak pengendara motor yang tidak memperhatikan rambu-rambu tersebut.
 
Berdasarkan penghitungannya, menurutnya ada sekitar 40 sepeda motor yang terkecoh hingga nyaris masuk ke Tol Jagorawi dalam kurun waktu satu jam. Di sisi lain, mereka juga mengedukasi para pengendara motor agar membaca rambu-rambu lalu lintas.
 
"Karena kita juga memang aktivitas biasanya mengedukasi terkait keselamatan berlalu lintas," katanya.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024