Kegiatan ini luar biasa dan bisa dijadikan sebagai wisata andalan
Solok (ANTARA) - Bupati Solok Epyardi Asda membuka Gebyar Alek Barayo Basamo (pesta Lebaran bersama) Nagari (Desa) Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Ketua Pelaksana Gebyar Alek Barayo Basamo Koto Baru III Bobby Agustrio di Solok, Sabtu mengatakan kegiatan gebyar Koto Baru III ini dilaksanakan selama dua hari dan diawali dengan pembukaan oleh Bupati Solok.

Selain itu, ia mengatakan saat pesta lebaran bersama tersebut juga digelar bararak saribu tuduang sulaman ameh oleh para bundo kanduang (berarak seribu tudung sulaman emas oleh para bunda kandung) di Nagari Koto Baru.

Gebyar Koto Baru III ini dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah sekaligus memperkenalkan dan mengekspos kebudayaan Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok.

Baca juga: Bunga Rafflesia ditemukan mekar sempurna di Solok Sumbar usai Lebaran
Baca juga: Kunjungan wisatawan ke Solok selama libur Lebaran 100 ribu orang


Di samping itu, Bupati Solok Epyardi Asda mengapresiasi rangkaian kegiatan yang digelar oleh masyarakat Nagari Koto Baru dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Terima kasih atas undangan dari masyarakat Kabupaten Solok sehingga saya berkesempatan hadir pada kegiatan kita hari ini," ujar dia.

Ia juga berharap semoga kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus dilanjutkan dan dilestarikan sehingga adat istiadat dan kebudayaan di Minangkabau tidak hilang ditelan masa.

Menurutnya walaupun dengan perubahan zaman dan perkembangan teknologi yang sudah semakin maju namun adat istiadat dan kebudayaan Minangkabau tidak boleh dilupakan. Di mana Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah harus terus dijaga kelestariannya.

"Kegiatan ini luar biasa dan bisa dijadikan sebagai wisata andalan di Kabupaten Solok, apalagi saat ini Kabupaten Solok tengah menjadi tujuan wisata bagi wisatawan-wisatawan di dalam maupun di luar Sumatera Barat," katanya.

Baca juga: Wisatawan Lebaran dimanjakan 10 kuliner khas Kabupaten Solok
Baca juga: Solok siapkan 10 destinasi wisata unggulan sambut Lebaran


Ia juga berharap Kabupaten Solok tidak hanya dikenal sebagai daerah yang memiliki alam yang indah namun juga dengan keragaman budaya dan kuliner yang luar biasa.

"Melalui wisata nantinya kita berharap dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Solok," ucap dia.

Selanjutnya, Bupati Solok melepas sekaligus ikut bersama rombongan arak-arakan saribu tuduang sulaman ameh yang diikuti oleh para bundo kanduang Nagari Koto Baru.

Baca juga: Sumbar aktifkan hotline pengaduan selama libur lebaran 1445 hijriah
Baca juga: Dishub Sumbar antisipasi 26 titik rawan macet di jalur mudik lebaran
Baca juga: KAI Sumbar prediksi jumlah penumpang naik 11 persen pada Lebaran 2024

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024