Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengapresiasi kerja pemerintah khususnya PT Jasa Marga, Korlantas Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang berhasil mengantisipasi kemacetan parah selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

"Sangat sukses, bisa lihat tidak ada kemacetan yang berarti dalam antisipasi Jasa Marga, Kakorlantas dan Kementerian Perhubungan dalam mengantisipasi arus mudik," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Hal itu disampaikan Andre usai meninjau langsung kesiapan arus balik Lebaran 2024, di Kilometer 70.

Baca juga: Jasa Marga kembali diskon 20 persen Tol Trans Jawa Semarang-Jakarta

Menurut dia, para stakeholder telah bekerja keras membuat arus mudik lancar.

Menurut dia, Jasa Marga telah menyiapkan jalur "contra flow", yang dibuka hingga tiga jalur.

Selain itu, kelengkapan "contra flow" di mana setiap lima kilometer, terdapat "safety car" dari kepolisian untuk mengingatkan pemudik untuk berhati-hati dan jangan sampai mengantuk.

Di sisi lain, Andre juga mengimbau para pemudik agar betul-betul menyiapkan diri untuk arus balik. Terpenting, pemudik yang melalui "contra flow" diharapkan pemudik dalam keadaan fit.

Baca juga: Jalur fungsional Tol Jogja-Solo dibuka untuk lancarkan arus balik

Andre mengapresiasi langkah Jasa Marga yang memberikan diskon 20 persen bagi para pemudik yang pulang pada 17-19 April 2024.

Menurut dia, kebijakan ini sebagai solusi untuk mencegah kemacetan yang luar biasa saat arus balik.

Baca juga: Program mudik gratis Kemenhub bermanfaat bagi masyarakat

"Meskipun saya tahu 20 persen itu angkanya Rp84 ribu per mobil, kurangnya penghasilan Jasa Marga. Tapi ini langkah yang perlu kita apresiasi oleh direksi Jasa Marga," katanya.

Andre mendukung permintaan beberapa pihak seperti Menteri Perhubungan, Kakorlantas, Kapolri, hingga Menko PMK yang mendorong agar kantor-kantor melakukan "Work From Home (WFH)" atau bekerja dari luar kantor selama puncak arus balik Lebaran 2024.

Baca juga: Korlantas Polri siapkan penanganan arus balik Lebaran 2024
Baca juga: Korlantas Polri terapkan ganjil-genap saat arus balik Lebaran 2024
Baca juga: Korlantas catat penurunan angka kecelakaan selama arus mudik 2024

Pewarta: Fauzi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024