menjadi yang terbanyak
Jakarta (ANTARA) - Pengunjung Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, pada H+2 Lebaran 2024 mencapai 112 ribu wisatawan dari berbagai daerah, terutama Jakarta dan sekitarnya untuk mengisi masa libur.

"Sementara ini, puncaknya. Tapi bisa jadi besok (14/4)  juga lebih ramai," kata Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang di Jakarta, Sabtu.

Bambang mengatakan bahwa pengunjung terbanyak masih mendaftar secara langsung atau luring dengan jumlah mencapai 105.896 orang, sedangkan pendaftar daring hanya 6.673 orang.

Menurut dia, jumlah tersebut menjadi yang terbanyak bila dibandingkan dua hari sebelumnya tepatnya pada Kamis (11/4) dengan jumlah pengunjung sebanyak 69 ribu orang.

Sementara, sehari sebelumnya yaitu pada Jumat (12/4), kata Bambang, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan turun menjadi 67 orang.

Baca juga: Ragunan jadi destinasi favorit libur lebaran karena murah

"Pada hari ini kunjungan wisatawan mencapai 112 ribu orang dan menjadi yang terbanyak," katanya.

Ia menambahkan bahwa rerata para pengunjung menggunakan kendaraan pribadi dengan didominasi sepeda motor sebanyak 14 ribu lebih, sementara mobil pribadi mencapai lima ribu lebih.

"Untuk bus yang berkunjung ada 58 unit, sedangkan sepeda 88 unit," katanya.

Sebelumnya, sebanyak 285 personel gabungan dari Polri dan TNI serta instansi terkait mengamankan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat di Taman Margasatwa Ragunan pada libur Lebaran 2024.

"Kami imbau kepada warga untuk selalu menjaga barang bawaannya dengan baik. Jangan biarkan barang berharga tidak terjaga," kata Kapolsek Pasar Minggu, Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Anggiat Sinambela.

Baca juga: Rekomendasi wisata Lebaran bersama keluarga di sekitar Jakarta

Kompol Anggit mengatakan, pada Sabtu ini dan Minggu (14/4) diperkirakan jumlah wisatawan meningkat, maka dari itu pengamanan di sekitar area Taman Margasatwa Ragunan diperketat.

Menurut dia, hal itu untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta tindakan kriminalitas lainnya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024