Itu merupakan arogansi dari PM Abbott dengan tidak mau minta maaf,"
Jakarta (ANTARA News) - Perdana Menteri Australia, Tony Abbot tak mau meminta maaf kepada Indonesia terkait penyadapan yang dilakukan Australia terhadap Indonesia.

"Itu merupakan arogansi dari PM Abbott dengan tidak mau minta maaf," kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Agus Gumiwang Kartasasmita di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Sementara, kata dia, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama telah meminta maaf kepada pemimpin Jerman atas aksi penyadapan yang mereka lakukan.

"Pada kasus yang sama, dengan jiwa besar, Obama telah meminta maaf terhadap Jerman atas penyadapan yang dilakukan AS," kata Agus.

Pasca penolakan permintaan maaf tersebut, politisi Golkar itu mengusulkan agar dilakukan persona non grata terhadap diplomat Australia yang ada di Indonesia.

"Persona non grata terlebih dahulu terhadap diplomat mereka di Indonesia, sembari kita mengevaluasi tingkat hubungan diplomatik yang sesuai keinginan kita, bukan sesuai keinginan mereka," pungkas Agus.

Sebelumnya diberitakan, PM Australia, Tony Abbot menolak meminta maaf kepada Indonesia karena telah melakukan penyadapan. Bahkan, Abbot menyatakan, tak ada untungnya bagi Australia bila meminta maaf kepada Indonesi. (*)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013