Palembang (ANTARA) -
Aparat Kepolisian Lalu lintas Sumatera Selatan (Polda Sumsel) menunda perjalanan truk tiga sumbu yang hendak melintas di Jalan lintas Timur Sumatera saat arus balik Lebaran 2024 guna mengantisipasi kemacetan.
 
Direktur Lalu lintas Polda Sumsel Kombes Pol M Pratama dikonfirmasi, Senin, mengatakan penundaan perjalanan kendaraan angkutan barang sumbu tiga ke atas sebagaimana ketentuan dari SKB yang diberlakukan mulai 4 April hingga 16 April 2024.

"Penundaan perjalanan kendaraan angkutan barang ini bertujuan untuk memberikan kelancaran dan kenyamanan bagi pemudik selama arus mudik dan balik lebaran," katanya.

Ia menambahkan penundaan perjalanan untuk menjamin keamanan dan keselamatan di jalan serta terhindar dari permasalahan teknis yang ditimbulkan dari kendaraan angkutan barang.

Ia berharap semoga dengan penundaan perjalanan kendaraan angkutan barang yang dilakukan stakeholder terkait ini bisa memberikan kelancaran keamanan dan keselamatan bagi seluruh pemudik selama arus mudik dan balik lebaran ldul Fitri tahun 2024 ini.

Sementara itu, sejumlah pengemudi truk tiga sumbu angkutan barang menongkrongi terminal Alang - Alang Lebar Palembang, Sumatera Selatan karena dilarang melintas menuju jalan lintas timur Sumatera (Jalintim) guna mengantisipasi kemacetan arus balik lebaran 2024 daerah itu.

"Sudah sejak pagi tadi kami menepi ke terminal karena dilarang petugas kepolisian untuk melintas menuju Jambi," kata Ali seorang pengemudi truk asal Lampung.

Ia menyebutkan bahwa masih belum mengetahui kapan kembali boleh melintas menuju jalan lintas timur Sumatera tersebut.
Baca juga: Polisi atur per 10 mobil melintasi kawasan kemacetan di Betung
Baca juga: Jalan lintas Betung macet parah karena pengendara saling serobot
Baca juga: Dishub pasang rambu lalu lintas di Jalan Alternatif Lintas Sumatera

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024