Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono saat memimpin apel luar biasa pada hari pertama kerja selepas cuti lebaran, Selasa, memuji prajurit TNI AU yang merampungkan tugasnya selama libur Lebaran.

Tonny, dalam amanatnya saat apel di Markas Besar TNI Angkatan Udara (Mabesau), Cilangkap, Jakarta, Selasa, juga berterima kasih kepada mereka karena bekerja profesional dan menuntaskan tugas operasi pengamanan serta operasi kemanusiaan yang dipercayakan pemerintah kepada TNI AU selama periode cuti Lebaran pada 8–15 April 2024.

Dalam kesempatan yang sama, dia mengingatkan jajaran prajurit tugas TNI AU ke depan bakal semakin kompleks dan dinamis sehingga seluruh prajurit TNI AU perlu terus mengasah diri dan meningkatkan kemampuan demi menjawab tantangan tersebut.

Dia juga meminta seluruh prajurit, termasuk para penerbang dan kru pesawat untuk tetap mengutamakan keselamatan saat melaksanakan tugas. Sikap itu juga bertujuan untuk memastikan operasi-operasi berjalan tuntas dan efektif.

KSAU juga menginstruksikan kepada prajurit TNI AU untuk menerapkan tugas sebagaimana ditetapkan dalam slogan TNI AU yang baru, yaitu AMPUH, yang merupakan kependekan dari adaptif, modern, profesional, unggul, dan humanis.

Apel luar biasa di Mabesau hari ini merupakan apel pertama Tonny setelah dia resmi menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara pada 5 April 2024. Tonny ditunjuk oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai KSAU menggantikan Marsekal TNI (Purn.) Fadjar Prasetyo yang pensiun.

Usai apel, KSAU dan jajaran pejabat utama TNI AU lanjut halalbihalal dengan prajurit dan PNS di lingkungan TNI AU. Jajaran pejabat yang mengikuti apel, di antaranya Wakil Kepala Staf TNI AU Marsekal Madya TNI Andyawan Martono Putra, Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi, Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AU (Dankodiklatau) Marsekal Madya TNI Arief Mustofa, dan ada juga Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo.
Tangkapan layar Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono (kanan) halalbihalal bersama prajurit TNI AU selepas apel luar biasa TNI AU di Markas Besar TNI AU (Mabesau), Cilangkap, Jakarta, Selasa (16/4/2024) sebagaimana diunggah akun Instagram resmi Dinas Penerangan TNI AU @militer.udara. ANTARA/Genta Tenri Mawangi.


TNI AU sebagaimana matra TNI lainnya tetap menyiagakan prajurit dan armadanya untuk menjaga ruang udara RI dan membantu perjalanan pemudik selama libur Lebaran. Tidak hanya itu, beberapa prajurit TNI AU terpilih juga berhasil merampungkan tugas kemanusiaan mereka di Gaza selama libur lebaran.

Pemerintah Indonesia mengirim Satuan Tugas (Satgas) Misi Pengiriman Bantuan ke Gaza pada 29 Maret 2024 untuk menerjunkan langsung bantuan dari rakyat Indonesia ke rakyat Palestina di Gaza. Usai mendapatkan izin, Satgas itu, yang dipimpin oleh Kolonel Pnb. Noto Casnoto berhasil terbang di atas wilayah selatan Gaza pada 9 April 2024 dan menerjunkan bantuan seberat 3,2 ton berisi obat-obatan dan makanan yang terbagi atas 20 paket.

Dalam operasi itu, pesawat angkut TNI AU C-130 J Super Hercules menjadi tempat bantuan-bantuan itu diterjunkan ke daratan Gaza.

Usai merampungkan misi itu, jajaran prajurit TNI AU yang tergabung dalam satgas tersebut kembali ke Tanah Air pada Kamis minggu lalu (11/4). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan tiga kepala staf menyambut kepulangan mereka dan Panglima memberikan tanda jasa Dharma Pertahanan kepada seluruh prajurit yang bertugas.

Baca juga: Menanti kado dari KSAU baru untuk TNI AU

Baca juga: 78 tahun TNI AU, KSAU berpesan ke prajurit terus asah diri

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024