Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun menyampaikan bahwa Pemerintah China berhasil dalam melakukan pemberantasan kemiskinan di China.

“Laporan PBB menyebutkan bahwa selama ini China sudah membebaskan 700 juta penduduknya dari kemiskinan,” kata Dubes Djauhari di Jakarta, Selasa.

Dubes menyampaikan bahwa salah satu alasan dari keberhasilan Pemerintah China dalam memberantas kemiskinan adalah karena adanya peran pengusaha.
Baca juga: China luncurkan platform akademis kesejahteraan masyarakat

Selain itu, China juga menerapkan kebijakan yang mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Sejak reformasi dan keterbukaan China pada 1978, menurut PBB, China telah berhasil membebaskan lebih dari 700 juta penduduknya dari kemiskinan.
Baca juga: China dukung 30 proyek kesejahteraan internasional untuk kaum difabel

Sebelumnya pada 2003, China meluncurkan Program Revitalisasi Hijau, yang dikenal juga sebagai Program Percontohan Seribu Desa dan Program Pembenahan Sepuluh Ribu Desa.

Melalui pelaksanaan program tersebut, China telah berhasil menemukan jalur ilmiah untuk melakukan pembenahan lingkungan pedesaan untuk memajukan revitalisasi pedesaan serta mendorong pembangunan desa.

Program itu tidak bermaksud melaksanakan pembangunan pedesaan dengan pola tunggal atau monoton, melainkan mengembangkan keunggulan masing-masing daerah sebagai wujud pengembangan industri dan perbaikan kehidupan lokal.

Baca juga: Jalur China menuju modernisasi, terus tingkatkan kesejahteraan rakyat

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024