Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengajak Perdana Menteri Belanda Y.M. Mark Rutte blusukan ke Waduk Pluit, Jakarta Utara.

Rombongan PM Belanda Y.M Mark Rutte tiba di area taman Waduk Pluit sekitar pukul 16.20 WIB didampingi Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Rombongan PM Rutte melihat-lihat keadaan taman didampingi Jokowi yang memberikan penjelasan mengenai pengerjaan revitalisasi waduk tersebut.

"Iya tadi Beliau nanya keadaan Pluit sebelumnya seperti apa, saya jelaskan tadinya banyak sampah dan sekarang jadi taman," kata Jokowi usai mengantar PM Rutte di Rumah Pompa Waduk Pluit, Muara Baru, Jakarta Utaraa, Kamis.

Dalam blusukannya itu PM Rutte sempat dua kali menengok ke Rumah Pompa Waduk Pluit, Muara Baru. Setelah meninjau rumah pompa, rombongan meninjau taman dan kembali ke rumah pompa sebelum akhirnya pergi. Saat ditanya mengenai hal itu, Jokowi enggan berkomentar panjang.

"Wong maunya ke sini ya saya anter lagi ke sini," kata Jokowi.

Terkait akan adanya rencana kerja sama penanganan banjir, Jokowi mengatakan Belanda akan menjadi contoh yang baik karena sudah memiliki banyak pengalaman menangani banjir.

"Tadi Beliau juga kaget saat tahu Pluit sudah bisa begini dalam delapan bulan, Beliau juga nanya kapan rampung, saya jawab kira-kira dua tahun lagi," katanya.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013