Jakarta (ANTARA) - Amazon Music tengah menguji coba Maestro yakni fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang memungkinkan pengguna membuat daftar putar lagu dengan petunjuk tertulis maupun suara, serupa dengan fitur AI Playlist di Spotify.

Melansir Tech Crunch pada Rabu, pengguna bisa membuat daftar putar melalui Maestro menggunakan petunjuk berupa emoji. Pengguna juga dapat memilih beberapa saran petunjuk apabila belum menentukan isi daftar putar yang akan dibuat.

Untuk mengakses Maestro, pengguna perlu memasang versi terbaru dari aplikasi Amazon Music. Pengguna dapat mengetuk opsi untuk Maestro di layar beranda untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Baca juga: Spotify hadirkan fitur pembuatan daftar putar lagu dengan teknologi AI

Pengguna dapat pula mengakses fitur Maestro dengan mengetuk tanda plus (+) untuk membuat daftar putar baru. Kemudian, pengguna dapat berbicara atau menulis petunjuk lalu ketuk "Let's go!" untuk memulai pembuatan daftar putar. Daftar putar yang telah dibuat dapat dibagikan kepada teman. 

Fitur ini baru tersedia dalam versi beta sehingga Amazon mengingatkan bahwa teknologi yang membekali Maestro tidak selalu bekerja dengan baik ketika pertama digunakan.

Amazon Music juga menyiapkan fitur keamanan yang memblokir petunjuk berisi kata-kata sensitif dan ofensif.

Baca juga: Apple Music umumkan fitur daftar putar musik kolaboratif 

Karena masih dalam tahap uji coba, untuk saat ini fitur Maestro tersedia secara terbatas untuk pengguna Amazon Music, Prime, dan pelanggan Unlimited Amazon Music di iOS dan Android khusus wilayah Amerika Serikat.

Bagi pengguna yang memilih langganan berbayar Amazon Music dapat mendengarkan daftar putar secara penuh sebelum menyimpannya. Sedangkan pengguna gratis hanya bisa mendengar cuplikan lagu selama 30 detik sebelum dapat menyimpan daftar putar yang telah dibuatnya.

Langkah ini mengikuti tren aplikasi pemutaran lagu yang menjadikan pengalaman fitur kecerdasan buatan menjadi penawaran berbayar. 

Baca juga: Amazon siap luncurkan layanan musik streaming

Baca juga: Simpan Musik di Amazon dan Putar di Mana Saja

 

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024