Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono memastikan seluruh jajarannya harus berkomitmen memperkuat pertahanan udara dengan memodernisasi alat utama sistem senjata (Alutsista) dan perlengkapan tempur yang ada.

Hal itu disampaikan Tonny dalam siaran pers resmi TNI AU kala dirinya tengah memberikan kata sambutan secara daring kepada seluruh jajarannya pada entry breefing di Jakarta, Rabu.

Dalam sambutannya, Tonny menyinggung pentingnya modernisasi alutsista untuk mempertahankan kedaulatan udara.

Hal itu juga yang sempat diperintahkan Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto dan Menko Polhukam Hadi Tjahjanto beberapa hari lalu.

Karenanya, pihaknya akan fokus membuat terobosan teknologi baru sekaligus melatih sumber daya manusia (SDM) agar dapat menggunakan teknologi tersebut dengan baik.

Dengan kuatnya alutsista yang dimiliki TNI AU, dia yakin teritorial udara NKRI akan terjaga dengan baik.

Baca juga: Hari pertama kerja, KSAU puji prajurit bertugas selama libur Lebaran

Baca juga: TNI AU sediakan pesawat gratis untuk prajurit AU kembali ke perbatasan

Baca juga: Menko Polhukam minta KSAU siapkan alutsista untuk modifikasi cuaca


Tidak hanya soal memperkuat pertahanan, Tonny juga menyinggung perlunya memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Karenanya dia juga meminta kepada jajarannya untuk bersikap humanis dan memberi bantuan kepada masyarakat.

Beberapa waktu lalu pun TNI AU memang sempat memberikan bantuan kepada masyarakat. Salah satunya yakni program bedah rumah yang dilakukan oleh jajaran Lanud Roesmin Nurjadin, Pekan Baru, Riau kepada warga bernama Suryadi yang tinggal di sekitar Lanud, Rabu (25/3).

Dengan upaya tersebut, Tonny berharap TNI AU di bawah kepemimpinan-nya bisa menjadi garda pelindung udara sekaligus pengayom masyarakat.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024