Ada beberapa masukan seperti di Disdukcapil itu perlu peningkatan layanan seperti ruang tunggu, bahkan di Puskesmas Cibinong juga seperti itu, dan sudah menjadi perhatian kami
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Bogor  Asmawa Tosepu mengevaluasi sejumlah layanan publik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, setelah menerima beberapa keluhan dari warga.

Asmawa di Cibinong, Rabu, mengungkapkan keluhan yang diterima umumnya mengarah pada sarana dan prasarana penunjang layanan yang belum mumpuni.

"Ada beberapa masukan seperti di Disdukcapil itu perlu peningkatan layanan seperti ruang tunggu, bahkan di Puskesmas Cibinong juga seperti itu, dan sudah menjadi perhatian kami," ungkap Asmawa.

Selain itu ia juga menerima keluhan mengenai kurangnya sosialisasi mengenai penerapan sistem digital yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor.

"Sistem digital, orang-orang tua kita tidak familiar dengan itu, sehingga perlu ada petugas yang mendampingi terkait pengisian aplikasi yang ada di OPD Dukcapil," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Bogor evaluasi minimnya serapan anggaran daerah

Asmawa memastikan Pemkab Bogor segera memperbaiki fasilitas penunjang layanan di Disdukcapil maupun di lokasi pelayanan publik lainnya. Salah satunya dengan melengkapi fasilitas penunjang berupa pendingin dalam ruang (AC) atau kipas angin agar masyarakat nyaman.

Sebelumnya Asmawa melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah lokasi pelayanan publik Pemkab Bogor, Jawa Barat, pada hari pertama kerja usai libur Lebaran 2024.

Asmawa didampingi beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengunjungi empat lokasi pada Selasa yaitu Kantor Disdukcapil, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda), serta dua layanan kesehatan yakni Puskesmas Cibinong dan Cimandala.

Ia menyebutkan hasil peninjauan menunjukkan tingkat kehadiran petugas pada beberapa OPD yang berfungsi memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat di atas 95 persen.

Baca juga: Pj Bupati: Dalam setahun hanya 10 hari tanpa bencana di Bogor
Baca juga: Pj Bupati Bogor temui MenPAN-RB minta tambahan formasi ASN

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024