New York (ANTARA News) - Yayasan milik aktor Leonardo DiCaprio menyumbangkan dana tiga juta dolar AS untuk mendukung upaya penyelamatan harimau Nepal melalui World Wildlife Fund (WWF).

WWF menyatakan dana dari Leonardo DiCaprio Foundation akan dipergunakan untuk menggandakan jumlah harimau di Nepal pada 2022.

"Yayasannya ingin memberikan sumbangan nyata bagi konservasi di lapangan dan memperkuat komunitas lokal," kata CEO WWF Carter Roberts dalam satu pernyataan pada Kamis (21/11) waktu setempat seperti dilansir kantor berita Reuters.

Harimau Nepal atau yang dikenal sebagai Panthera tigris telah diklasifikasikan sebagai spesies terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) karena jumlahnya terus berkurang dari tahun ke tahun.

Dalam satu pernyataan, DiCaprio mengatakan bahwa 3.200 harimau yang ada di dunia semakin terancam oleh "perusakan habitat dan peningkatan perburuan ilegal".
 
Yayasan milik aktor berusia 39 tahun yang membintangi film "The Great Gatsby" itu telah membantu memperbanyak jumlah harimau di Taman Nasional Terai Bardia Nepal dari 18 menjadi 50.

WWF menyatakan akan bekerja sama dengan pemerintah Nepal dan komunitas lokal dalam area khusus seluas 93.310 kilometer persegi yang mencakup area perlindungan harimau, badak, dan gajah untuk menghentikan perburuan, meningkatkan perkembangbiakan, dan memantau populasi harimau.


Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013