Kunming (ANTARA) - Festival Air di Provinsi Yunnan, China barat daya, yang disebut sebagai Festival Songkran di Thailand, berhasil memikat sejumlah besar wisatawan, khususnya banyak pelancong China yang berkunjung ke Thailand dan pelancong Thailand yang berkunjung ke China untuk merasakan suasana festival yang eksotis. Para wisatawan bergabung dengan warga lokal untuk menyiramkan air yang menandai harapan untuk kemakmuran dan kebahagiaan.

Menurut data dari pos pemeriksaan perbatasan di Kunming, ibu kota Provinsi Yunnan, selama penyelenggaraan festival air tahun ini pada 10-15 April, jumlah perjalanan masuk dan keluar di wilayah China Daratan via Pelabuhan Kunming mencapai sekitar 57.000, meningkat hampir 300 persen secara tahunan.

Pos pemeriksaan perbatasan Mohan di Yunnan mencatat jumlah penumpang kereta China-Laos yang cukup besar, termasuk turis China yang berwisata ke Laos dan Thailand maupun sebaliknya, sementara tingkat keterisian kursi dalam perjalanan internasional via kereta China-Laos melebihi 90 persen dengan jumlah wisatawan mancanegara naik hampir 89 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Guna memenuhi permintaan perjalanan yang meningkat, departemen perkeretaapian China-Laos sepakat menambahkan satu rangkaian kereta antara Xishuangbanna dan Luang Prabang, yang dapat melayani perjalanan pulang pergi yang memakan waktu kurang dari sehari.
 
 


Kostum perayaan festival yang berbeda dan kegiatan kebudayaan yang menarik memberi kesan mendalam bagi wisatawan mancanegara. Unggahan tentang Festival Air dan Songkran pun menyita perhatian di media sosial China dan luar negeri. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024