Jakarta (ANTARA) - Rumah sinema Indonesia Bioskop Online berkolaborasi dalam penyelenggaraan festival film di Indonesia Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2023 sebagai upaya berkontribusi aktif bagi perkembangan industri perfilman Tanah Air.

Kolaborasi sudah berjalan sejak 17 Agustus 2023 lalu dengan peluncuran program 17 Sutradara Perempuan di platform Bioskop Online. Kolaborasi terus berjalan dengan berlangsungnya roadshow di 4 kota yaitu Medan, Palembang, Makassar dan Semarang.

"Hadirnya Bioskop Online sebagai jejaring distribusi digital dapat membantu rantai ekosistem perfilman terutama untuk sineas lokal. Dan dengan adanya kolaborasi ini, membantu kami untuk menjangkau teman-teman sineas lokal di daerah-daerah," kata Film Director dan Festival Founder of JAFF Garin Nugroho dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Selain itu, Bioskop Online juga menayangkan film-film Kamila Andini dalam program "Focus On: Kamila Andini" yang ikut menjadi bagian dari kolaborasi ini. Puncak dari kolaborasi adalah Bioskop Online mengadakan sejumlah kegiatan selama JAFF 2023 berlangsung di Yogyakarta.

Garin mengungkapkan bahwa kolaborasi pada zaman sekarang ini sangat penting karena setiap pertumbuhan film atau festival tidak bisa dibangun dari satu sisi saja. Diperlukan perpaduan antara ruang tayang, ruang kompetisi, ruang ekonomi, ruang komunitas, dan sumber daya manusia agar terjadi kolaborasi yang maksimal dari sebuah ekosistem.
 
Kolaborasi Bioskop Online - JAFF 2023 sudah berjalan sejak 17 Agustus 2023 lalu dengan peluncuran program 17 Sutradara Perempuan di platform Bioskop Online. Kolaborasi terus berjalan dengan berlangsungnya roadshow di 4 kota yaitu Medan, Palembang, Makassar dan Semarang. (ANTARA/HO/Goodwork Indonesia)


"Harapannya kolaborasi ini bisa terus berlanjut dan akan banyak lahir karya baru dari teman-teman di berbagai daerah di Indonesia," ujar Garin menegaskan.

Sementara itu Presiden Bioskop Online Ajeng Parameswari sangat mengapresiasi seluruh peserta yang telah menyukseskan kolaborasi Bioskop Online dengan JAFF tahun ini. Dia berharap kolaborasi kali ini bisa terus terjalin dan berkembang menjadi sebuah kontribusi yang lebih aktif lagi untuk industri perfilman Indonesia.

"Suksesnya kolaborasi ini menjadi sinyal baik untuk pertumbuhan industri film Indonesia. Semoga akan terus bermunculan bakat-bakat baru di industri film dan harapannya kegiatan kolaborasi ini bisa terus hadir sehingga bisa memantik diskusi dan potensi filmmakers dari daerah-daerah agar berkembang terus, berkarya, dan para pencinta film juga bisa terus menikmati film yang berkualitas,” ungkap Ajeng.

Selain kolaborasi yang sudah dilakukan, pada sesi acara puncak JAFF festival Bioskop Online juga akan berkolaborasi melalui beragam kegiatan seperti Bioskop Online Talks, Open Air Movie Screening dan beberapa aktivasi Bioskop Online dalam Booth Experience dan Games. Bioskop Online juga melakukan penjualan pernak pernik resmi Bioskop Online dan JAFF selama festival berlangsung.

Baca juga: Bioskop Online hadirkan program "Jelajah Sinema Indonesia"

Baca juga: Bioskop Online kolaborasi dengan Jogja-NETPAC Asian Film Festival

Baca juga: JAFF17 jadi ajang titik temu para pembuat, pemain, dan penonton film

Baca juga: Segudang harapan dari perhelatan Festival Film Indonesia 2023


 

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023