dialihkan ke Jalan Kesehatan,
Jakarta (ANTARA) - Polisi menutup lampu lalu lintas (traffic light/ TL) Harmoni yang mengarah ke Jalan Medan Merdeka Barat dan mengalihkan kendaraan ke Jalan Kesehatan, Jakarta Pusat saat para pengunjuk rasa mulai berdatangan ke sekitar kawasan Monumen Nasional, siang nanti.

"TL. Harmoni yang mengarah ke Jalan Merdeka Barat ditutup, dialihkan ke Jalan Kesehatan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro di Jakarta, Jumat.

Selain itu, imbuh dia, polisi juga berencana menutup Jalan Perwira yang mengarah Jalan Medan Merdeka Utara dan mengalihkan kendaraan ke arah Masjid Istiqlal dan Lapangan Banteng.

Susatyo mengatakan polisi pun akan menutup kawasan lampu lalu lintas (TL) Thamrin dan mengalihkan kendaraan ke Jalan Kebon Sirih yang mengarah ke Senen dan Jalan Abdul Muis.

"Untuk masyarakat yang akan melintas di sekitar Monas agar mempertimbangkan untuk mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan dikarenakan akan ada masyarakat yang akan menyampaikan pendapat di Patung Kuda," ujar Kapolres.

Sementara itu, pengelola TransJakarta juga mengalihkan beberapa rute antara lain rute 5C relasi Cililitan-Juanda, untuk sementara tidak melayani Halte Balai Kota dan Halte Monumen Nasional.

Lalu, koridor 3 relasi Kalideres-Monumen Nasional dialihkan menjadi Kalideres-Juanda, rure 2A relasi Pulo Gadung-Rawa Buaya sementara tidak melayani Halte Balai Kota.

Selain itu, rute 1P rute Blok M-Senen sementara tidak melayani Bus Stop Kementerian Pariwisata sampai dengan Monas 3, kemudian rute 1A relasi Balai Kota-Pantai Maju sementara untuk arah Pantai Maju tidak melayani Halte Monumen Nasional.

Adapun koridor 1 relasi Blok M-Kota mengalami pengalihan rute, yang sementara untuk arah Kota tidak melayani Halte Kebon Sirih dan Monumen Nasional.

Sebelumnya, saat aksi unjuk rasa di lokasi yang sama pada Kamis (18/4), Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya sempat melakukan pengalihan arus sementara di Jalan Medan Merdeka Barat arah Harmoni sebagai antisipasi aksi demo. Polisi mengalihkan kendaraan yang menuju Harmoni melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis.
Baca juga: Pertunjukan teatrikal warnai unjuk rasa di Monas
Baca juga: LSI: 71 persen rakyat percaya MK buat keputusan adil atas sidang PHPU
Baca juga: Politisi Golkar: Permohonan PHPU kubu 01 dan 03 harus ditolak MK

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024