Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) akan menurunkan tim nasional putra dan putri di ajang Asian Volleyball Championship (AVC) Challange Cup 2024 yang berlangsung pada 6-9 Juni mendatang.

Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo mengungkapkan skuad Merah Putih akan turun dengan komposisi pemain pelapis karena berbenturan dengan kompetisi Proliga 2024 yang berlangsung sejak 25 April hingga 21 Juli.

"Tidak bisa main (dengan komposisi inti) karena jedanya sangat pendek, tapi kita akan mainkan lapis kedua. Supaya kita tidak kehilangan poin, karena kalo kita tidak kirim, kita kehilangan poin, maka kita kirim lapis kedua sambil berlatih, karena timnasnya sedang main di Proliga sehingga dua-duanya kita kirim AVC Challenge Cup baik putra maupun putri," kata Imam Sudjarwo kepada pewarta, Jumat.

Baca juga: Peringkat voli putra Indonesia naik ke posisi 52 dunia

Komposisi inti pemain dari skuad putra tidak memungkinkan dipersiapkan di AVC Challange Cup dengan jeda kompetisi putaran pertama yang mepet selama 15 hari. Sementara itu, Imam dapat memastikan bahwa tim putri dapat bermain dengan komposisi pemain inti karena mempunyai jeda waktu yang cukup untuk melakukan persiapan.

Kendala yang dialami Indonesia saat ini disebabkan oleh surat pemberitahuan pendaftaran dari AVC baru diterima seminggu yang lalu sehingga bentrok dengan jadwal Proliga 2024 yang sudah ditetapkan mulai 25 April hingga 21 Juli.

"Ada jeda Proliga sekitar ada 15 hari tapi untuk mempersiapkan tim putri. Sehingga Tim putri kita bisa mainkan, kita akan berangkatkan. Untuk tim putra tidak bisa main dengan kekuatan penuh.
Karena jedanya sangat pendek tapi kita akan mainkan lapis kedua," ujar Imam.

Baca juga: Venue Proliga 2024 berpindah dari kota Surabaya ke Malang

Komposisi lapis kedua pemain timnas Indonesia nantinya akan dihuni oleh nama-nama pemain yang kurang memperoleh menit bermain di Proliga 2024 dan bakal diberikan kesempatan untuk memperoleh menit bermain di ajang AVC Challange Cup.

PBVSI memastikan Indonesia akan tampil dengan kekuatan penuh pada ajang SEA V League 2024 yang merupakan ajang tahunan kompetisi se-Asia Tenggara.

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024