Jakarta (ANTARA) - Atlet golf putra Amadeus Christian Susanto dan putri Gemilau Joanne Kurnia meraih juara pada turnamen golf Indonesia Amateur Golf Open 2024 yang berlangsung di Gading Raya Golf Club, DKI Jakarta.

"Amadeus dan Gemilau meraih trofi juara setelah menang secara mutlak di kategori putra dan putri," ujar Kepala Bidang Kejuaraan dan Prestasi Pengurus Besar PGI Adi Saksono ketika dikonfirmasi melalui saluran telpon di Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan, kedua atlet golf itu tidak bergeser sedikit pun sebagai pemuncak klasemen sejak hari pertama turnamen yang berlangsung pada 17-19 April.

Bahkan, Amadeus yang menjadi wakil dari Pengurus Provinsi PGI Jawa Tengah ini menjadi satu-satunya pegolf yang berhasil mencatatkan skor under di hari pertama.

Atlet peraih medali perak di SEA Games Vietnam 2022 ini terus konsisten mendominasi walaupun bersaing dengan atlet-atlet lainnya seperti Luke Evan Moore, Faraby Ali, dan juga Jonathan Manuel Wijayanto.

"Walaupun mendapatkan perlawanan sengit dari Luke Moore dalam 3 hole terakhir, namun kepercayaan diri Amadeus sangat begitu terlihat," ujarnya.

Selisih 1 stroke atas Luke membuat Amadeus berhak atas gelar juara pada turnamen seri kedua kali ini.

Adi menjelaskan, penampilan gemilang juga disuguhkan Gemilau, atlet binaan Pengurus Provinsi PGI Banten. Setelah dalam beberapa edisi kejuaraan
nasional berada di posisi runner-up, Gemilau mampu membuktikan mental bertanding yang semakin membaik.

Bahkan, pegolf berusia 16 tahun ini unggul jauh dengan selisih 6 pukulan atas atlet dari PGI DKI Jakarta, Bianca Naomi Laksono. Secara total, Gemilau meraih total skor 220 pukulan atau 4 di atas par.

Adi mengatakan, prestasi yang ditorehkan menunjukkan kualitas para atlet golf di Tanah Air yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Pelaksanaan turnamen skala nasional itu, kata dia, sebagai bentuk pembinaan atlet sekaligus memunculkan talenta-talenta baru yang ke depan bisa berkiprah lebih jauh hingga ke kancah mancanegara.

Ia menambahkan, intensitas perhelatan kejuaraan nasional juga ditambah dari sebelumnya satu kali menjadi tiga kali dalam setahun mulai 2024.

PB PGI menginginkan agar golf semakin dikenal berbagai kalangan masyarakat sehingga dapat memunculkan potensi-potensi pegolf baru di Tanah Air yang bisa mengangkat prestasi golf Indonesia lebih mendunia.

Baca juga: Thea dan Theo tampil gemilang pada kejuaraan golf di Abu Dhabi
Baca juga: Randy Arbenata raih penghargaan pada kejuaraan golf amatir di Taiwan
Baca juga: Natalia Yoko tampil gemilang pada kejuaraan golf amatir Taiwan
Baca juga: PGI kirim empat atlet golf berlaga dalam Taiwan Championship 2024

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024