Banjarmasin (ANTARA) - Kain sasirangan terpanjang untuk memecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI) menjadi suguhan istimewa Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV 2024 di Kalimantan Selatan.

"Rencananya kain sasirangan sepanjang delapan kilometer dibentangkan ribuan orang," kata Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan Zainal Helmi di Banjarmasin pada Minggu.

Helmi menjelaskan atraksi  itu menjadi representasi Geopark Meratus yang diusung Porwanas 2024.

Sejumlah kegiatan promosi Geopark Meratus, termasuk kain sasirangan terpanjang, diadakan selama Porwanas mulai 19 sampai 26 Agustus 2024. 

Helmi berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Badan Pengelola (BP) Geopark, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menyokong keberhasilan Porwanas  ini.

Baca juga: Porwanas 2024 dihadiri 4.000 orang dari PWI se-Indonesia

Dia kemudian mengungkapkan pesan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor agar seluruh kontingen Porwanas  terlayani dengan baik dan mendapatkan kesan positif selama berada di Kalimantan Selatan.

Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Meratus Hanifah Dwi Nirwana mengatakan Porwanas dimeriahkan dengan "Geopark Great Culture Carnival" sebagaimana arahan Sahbirin Noor.

Karnaval itu akan menampilkan pertunjukan seni dan budaya masyarakat setempat yang mencerminkan warisan budaya dan keindahan Kalimantan Selatan.

Hanifah mengatakan karnaval itu menjadi pelengkap Porwanas dan sarana mempublikasikan secara luas Geopark Meratus serta menjadi rangkaian perayaan Hari Jadi Kalimantan Selatan ke-74 pada 14 Agustus nanti.

Geopark Meratus sedang berusaha mendapatkan label UNESCO Global Geopark, yang merupakan pengakuan bagi bentang alam, bebatuan, mineral, proses geologis dan tektonis serta evolusi bumi di Geopark Meratus. 

Baca juga: Ketum PWI: Gelora Paman Birin cukup megah untuk pembukaan Porwanas

Pewarta: Firman
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024