Banjarmasin (ANTARA) -
Para perempuan di Provinsi Kalimantan Selatan bergerak melakukan penanaman pohon untuk menyukseskan program revolusi hijau pada peringatan Hari Kartini 2024.
 
Gerakan tersebut diinisiasi Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel dan Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Kalsel.
 
"Puncak kegiatan penanaman pohon pada peringatan Hari Kartini pada 22 April 2024," ujar Kepala Kehutanan Provinsi Kalsel Fathimatuzzahra di Banjarbaru, Sabtu.
 
Menurut dia, kegiatan gerakan perempuan menanam pohon pada Hari Kartini tersebut bertema "Bakti perempuan dalam hijaukan Banua" yang bertempat di Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI) Perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru.
 
Dia menyampaikan sudah meninjau lokasi penanaman agar pelaksanaan penanaman bisa berjalan sukses dan lancar. Selanjutnya, menyediakan sebanyak 3.000 bibit tanaman untuk ditanam bersama.
 
"Rangkaian pelaksanaan penanaman juga akan ada pemberian penghargaan bagi perempuan berjasa dan berprestasi, lomba pantun dan lomba merangkai kembang dengan berbagai hadiah yang menarik bagi perempuan menanam," kata Fathimatuzzahra.
 
Dijadwalkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor didampingi Ketua Tim PKK Provinsi Kalsel Hj Raudhatul Jannah dengan diikuti para ASN perempuan pada kegiatan tersebut.
 
Bahkan diundang lapisan perempuan dari berbagai profesi, diantaranya acil (panggilan lain dari perempuan bahasa Banjar) jukung, acil sadap, acil kembang, mahasiswi ULM, siswi SMA dan SMK 3 Banjarbaru dan organisasi perempuan.
 
Fathimatuzzahra mengutarakan, dengan melibatkan perempuan dalam menanam ini sangat tepat untuk meningkatkan perannya dalam berkarya menuju Kalsel Makmur, Sejahtera dan Berkelanjutan (Maju).
 
"Mari kita gelorakan Hari Kartini lebih hijau tahun ini dengan menanam bersama sehingga selaras dengan Pemprov Kalsel yang terus menggelorakan gerakan revolusi hijau, yaitu menanam dan menanam untuk anak cucu yang telah dicanangkan Gubernur Kalsel," katanya.
 
Lebih jauh Fathimatuzzahra mengatakan, penanaman pohon salah satu program unggulan pemerintah dan perlu mendapat dukungan dari seluruh komponen masyarakat.
 
"Dari gerakan penanaman pohon sebagai upaya untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan sumber daya alam yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia," demikian katanya.

Pewarta: Sukarli
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024