Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua Umum Bidang 3X3 Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Jamin Mattotoran mengatakan terbuka kemungkinan untuk membuat liga 3X3 di Indonesia guna mendukung regenerasi atlet cabang olahraga tersebut.
 
Ia menjelaskan, Perbasi sedang berkomunikasi dengan sejumlah pemangku kepentingan untuk menyelenggarakan liga 3x3, seperti Indonesian Basketball League (IBL).
 
"Kami sudah berbicara dengan sejumlah stakeholder untuk membahas kemungkinan membuat itu (liga 3X3)," kata Jamin usai menghadiri konferensi pers persiapan turnamen Mandiri 3X3 2024 di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Perbasi terus berupaya mewujudkan hal tersebut guna memajukan olahraga basket 3X3 lebih baik lagi meski banyak tantangan yang harus dihadapi.
 
Menurut dia, permasalahan pembinaan di tingkat akar rumput atau usia dini menjadi salah satu tantangan yang harus diselesaikan lebih dahulu oleh Perbasi.
 
Pria yang kerap disapa coach Jamin itu mengungkapkan berdasarkan data internal, wilayah yang sering menggelar turnamen 3X3 ada di Kota Medan, Sumatera Utara dan Makassar, Sulawesi Selatan.
 
Baca juga: Turnamen Mandiri 3X3 Indonesia tahun ketiga tawarkan sejumlah inovasi

Jika turnamen sering diadakan maka basis data bibit atlet olahraga itu akan semakin banyak sehingga mempermudah untuk melakukan pemetaan pemain guna mendorong terbentuknya liga 3X3 yang berjenjang.
 
Jamin menyampaikan, langkah awal yang bisa dilakukan adalah mendorong banyak pihak untuk menggelar turnamen 3X3 yang rutin di setiap wilayah Indonesia sehingga tidak hanya terkonsentrasi di wilayah Pulau Jawa saja.
 
"Minimal membuat turnamen rutin yang banyak setiap tahun sehingga bisa diikuti peserta dengan konsisten," ujar dia.
 
Selain itu, tambah Jamin, terkait tim nasional, Perbasi masih memilih delapan sampai 10 pemain yang akan dikirim terus-menerus ke luar negeri agar rankingnya bisa meningkat dan berpeluang lebih besar untuk main di level internasional.
 
Tentunya para pemain itu akan dipantau terus perkembangannya, jika menurun maka bisa saja digantikan dengan pemain lain.

Baca juga: Pelatih rancang timnas basket 3x3 yang konsisten dalam jangka panjang
Baca juga: Timnas Putri tutup perjuangan FIBA 3X3 Asia Cup 2024 dengan kemenangan

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024