Jakarta (ANTARA) - Petenis peringkat satu dunia sekaligus pemegang 24 gelar Grand Slam Novak Djokovic dipastikan absen dari turnamen Madrid Open pekan ini.

Sejumlah media melaporkan bahwa bintang Serbia 36 tahun itu mengundurkan diri dari turnamen dan ia tidak masuk dalam undian Senin, demikian dikutip dari AFP.

Djokovic belum memenangi satu gelar pun pada musim ini dan ia hanya tampil di empat turnamen pada 2024. Sebelumnya Djokovic telah memutuskan untuk menjalani jadwal kompetisi yang lebih ringan pada tahun ini.

Sementara itu petenis veteran lainnya Rafael Nadal akan meneruskan perjuangannya untuk kembali dari cedera di Madrid dan ia akan bermain melawan petenis 16 tahun asal AS Darwin Blanch pada putaran pertama.

Dengan absennya Djokovic di Madrid Open, maka total ia telah absen tiga kali dari turnamen itu selama empat tahun.

Petenis Serbia itu masih dapat tampil di ajang Italian Open sebelum berusaha mempertahankan gelar French Open-nya pada 26 Mei.

Djokovic merupakan juara tiga kali di turnamen lapangan tanah liat yang dimainkan di ibukota Spanyol itu.

Ini merupakan kedua kalinya Djokovic mengundurkan diri dari turnamen Masters 1000 pada tahun ini, setelah sebelumnya ia melewatkan penampilan di Miami Open pada Maret.

Baca juga: Raducanu rayakan momen penting setelah kalahkan Kerber di Stuttgart

Djokovic diketahui menghadiri pertandingan Liga Spanyol saat Real Madrid menang 3-2 atas Barcelona di Stadion Santiago Bernabeu pada Minggu (21/4) dan diperkirakan akan tampil pada acara pemberian penghargaan Laureus di Madrid pada Senin.

Di acara penghargaan itu, ia merupakan salah satu kandidat untuk memenangi trofi Sportsman of the Year.

Sementara itu Nadal bermain di Barcelona Open, namun kalah dua set langsung dari Alex de Minaur di putaran kedua. Jika Nadal mampu mengalahkan Blanch, maka ia akan kembali bertemu dengan De Minaur.

Juara bertahan sekaligus unggulan kedua Carlos Alcaraz mengatakan berharap dapat bugar sepenuhnya untuk tampil di Madrid setelah sempat mengalami masalah pada lengan atasnya. Alcaraz akan berhadapan dengan Alexander Shevchenko atau Arthur Rinderknech di putaran kedua.

Unggulan teratas Jannik Sinner akan menghadapi petenis Italia lainnya Lorenzo Sonego atau petenis kualifikasi pada putaran kedua Madrid Open.

Baca juga: Tsitsipas menangi gelar Monte Carlo Masters untuk ketiga kalinya
Baca juga: Swiatek nyaman kembali ke lapangan tanah liat Stuttgart


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024